Bupati Malra Pimpin Peringatan Hardiknas 2021

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra) memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini.
Share it:

Bupati M. Thaher Hanubun selaku Irup dalam upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional 2021, Senin (3/5/2021)

Langgur, Dharapos.com
– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra) memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini.

Peringatan tersebut ditandai dengan upacara bendera bertempat di SD Mathias III Langgur, Senin  (3/5/2021).

Bupati setempat M. Thaher Hanubun selaku Irup dalam upacara peringati sekaligus membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim.

“Saya ingin, anak-anak Indonesia menjadi pelajar yang menggenggam teguh falsafah Pancasila, pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya, dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri,” ajaknya.

Karenanya, Kementerian ini secara konsisten terus melakukan transformasi pendidikan melalui berbagai terobosan Merdeka Belajar.

“Empat upaya perbaikan terus kami kerjakan bersama berbagai elemen masyarakat,” tandasnya.

Pertama, perbaikan pada infrastruktur dan teknologi. Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan. Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya. Keempat, perbaikan kurikulum, pedagogi, dan asesmen.

“Sejak saya menjabat sampai dengan saat ini, termasuk pada masa pandemi, sepuluh episode Merdeka Belajar telah diluncurkan dan akan masih banyak lagi terobosan-terobosan Merdeka Belajar yang akan kita lakukan,” bebernya.

Lanjut Menteri, transformasi yang bermakna ini harus dikerjakan bersama agar segala sesuatu yang selama ini membuat bangsa ini hanya berjalan di tempat, dapat berubah menjadi lompatan-lompatan kemajuan.

“Dari lubuk hati yang terdalam, saya dan keluarga besar Kementerian mengucapkan terima kasih yang tak terhingga. Terobosan-terobosan Merdeka Belajar betul-betul dapat menyasar seluruh masyarakat, mulai pendidik dan pelajar dari PAUD sampai pendidikan tinggi, orangtua, para wakil rakyat, pemerintah daerah, organisasi kemasyarakatan, hingga dunia usaha dan dunia industri, dari Sabang sampai Merauke, Miangas sampai Pulau Rote,” tandasnya.

Menteri mengaku sangat bersemangat, melihat masyarakat sadar bahwa semua harus terus bergerak maju dan melakukan berbagai lompatan kemajuan tanpa keraguan, tentunya dengan mengedepankan keselamatan dan kesehatan.

“Mari kita ciptakan sejarah yang gemilang dan tak terbantahkan oleh dunia. Ketahuilah, tidak ada tantangan yang tidak dapat dihadapi bangsa yang besar ini jika kita bergotong-royong. Bahwa dengan bergotong royong, upaya kita untuk mewujudkan Merdeka Belajar akan semakin cepat terlaksana. Silih asah, silih asuh, dan silih asih. Saling memintarkan, saling menyayangi, dan saling memelihara, demi satu tujuan: SDM unggul, Indonesia maju,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati dalam sambutannya mengakui seyogyanya pelaksanaan upacara tepat pada hari Minggu 2 Mei 2021, namun dengan mempertimbangkan khidmat dan kelancaran pelaksanaan ibadah bagi  umat beragama Katolik dan Protestan, maka kegiatan upacara Hardiknas ditunda pada hari Senin (3/5/2021).

Meksi demikian, penundaan ini tidak lantas mengurangi makna dan semangat yang terkandung di dalamnya.

Bupati saat membacakan sambutan  Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI

Lanjut Bupati, dalam konteks penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Malra, ia berkesempatan menyampaikan beberapa hal  pokok.

“Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh jajaran insan pendidikan di Kabupaten Maluku Tenggara, yang dengan penuh semangat, dedikasi dan pengabdian telah berjuang memajukan pendidikan di Bumi Larwul Ngabal,” ucapnya.

Berbagai prestasi dan kemajuan di bidang pendidikan yang telah ditorehkan, menjadi kebanggaan bersama dan kiranya dapat terus dipertahankan guna terwujudnya generasi Malra yang cerdas, mandiri dan berkarakter.

“Di hari yang berbahagia ini, secara khusus saya menyampaikan rasa bangga dan terimakasih kepada rekan – rekan tenaga pendidik di  wilayah Kei Besar dan Wilayah Terpencil, yang dengan semangat dan dedikasinya sampai dengan saat ini masih tetap mencurahkan perhatian dan pengabdiannya bagi kemajuan generasi penerus kita. Semoga apa yang telah saudara darmabaktikan mendapat ridho dari Tuhan Yang Maha Esa,” tandasnya.       

Dalam berbagai kemajuan sebagaimana telah disebutkan, tentunya masih memerlukan pembenahan secara holisitik terhadap beberapa hal, antara lain akses pendidikan, mutu pendidikan, tata Kelola, serta partisipasi pendidikan.

Pemda secara bertahap dan berkelanjutan berupaya untuk merumuskan dan mengimplementasikan kebijakan sehingga dapat memberikan daya ungkit bagi peningkatan kualitas Pendidikan di Maluku Tenggara.

Pemda juga sungguh menyadari bahwa dengan kapasitas yang dimiliki, tidak akan mampu memberikan pelayanan terbaik secara maksimal.

Untuk itu, Bupati mengajak seluruh komponen di Malra untuk bersinergi serta memberikan dukungan bagi pemajuan pendidikan.

“Dalam suasana peringatan Hardiknas di saat ini, atas nama pribadi dan Pemerintah daerah kami menyampaikan penghargaan kepada tokoh-tokoh pendidikan yang telah gugur dan berjasa di bidang Pendidikan. Semoga arwah mereka senantiasa mendapatkan tempat terbaik disisi Allah,” tukasnya.

Pada saat yang sama juga ada peragaan busana oleh SMK Pariwisata Langgur, suguhan tarian Kei serta lagu-lagu kebangsaan.

Terpantau turut hadir, Sekda Malra bersama Staf Ahli, Asisten Sekda, pimpinan OPD serta perwakilan kepala sekolah se - Kabupaten Màlra.

Peserta upacara SD, SMP, SMK serta TK bernaung pada satu Yayasan karena masih situasi pandemi.

(dp-52)

Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi