Kejari Aru Luncurkan Program Jaring Aspirasi Masyarakat Pulau

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan Aru terus berupaya menjaring aspirasi masyarakat pulau di wilayah hukumnya.
Share it:

Momen peluncuran program jaring aspirasi Kejari Kepulauan Aru

Dobo, Dharapos.com
- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan Aru terus berupaya menjaring aspirasi masyarakat pulau di wilayah hukumnya.

Salah satu langkah strategis dan efektif yang dilaksanakan untuk menjaring aspirasi masyarakat pulau adalah melalui peluncuran  program Jargaria Sabar atau Jaksa Bahari.

Kepala Kejari Kepulauan Aru, Andi Panca Sakti, SH kepada media ini mengatakan, program Jargaria Sabar atau Jaksa Bahari merupakan wujud transparansi untuk menyambut aspirasi masyarakat pulau. 

Pasalnya, selama ini, masyarakat khususnya yang dari pulau terkesan masih takut datang melaporkan sesuatu masalah, ataupun datang melakukan konsultasi di kantor Kejari Kepulauan Aru.

Padahal kata Kajari, Kejaksaan tidak ansinya menangani masalah pidana saja, tetapi masalah perdata dan Tata Usaha Negara juga ditangani oleh pihak Kejaksaan melalui seksi perdata dan Tata Usaha Negara 

"Nah, untuk menyambut aspirasi masyarakat pulau, kami mencoba membuka pelayanan di sini. Dan, mungkin minggu ini atau tiap bulan kami akan menyediakan kotak saran. Jadi masyarakat pulau kalau ada masalah silahkan masukan saja ke kotak saran. Kalau direspon, dia siapkan nomor kontak yang bisa kami hubungi dan akan kami balas nantinya mengenai permasalahan-permasalahan yang disampaikan," terangnya, Kamis (29/4/2021).

Lanjut Kajari, dirinya menghimbau kepada masyarakat agar jika ada permasalahan hukum dan tidak mampu membayar pengacara atau tidak tahu kemana harus berkonsultasi, dipersilahkan ke kantor Kejari Kepulauan Aru.

"Datang saja ke kantor kami karena kami tidak saja melayani masalah hukum pidana tetapi kami juga melayani masalah perdata dan tata usaha negara. Kami siap melayani," imbaunya.

Ditambahkan pula, Kejari Kepulauan Aru juga akan menyalurkan aspirasi ke pemerintah setempat secara berjenjang ke masing-masing OPD mengenai permasalahan di masyarakat pulau sesuai aturan yang berlaku di Indonesia.

"Jadi intinya kita menampung aspirasi masyarakat, menyalurkan, dan bisa memberikan solusi. ltu mungkin program kami di Jargaria Sabar ini," pungkasnya.

Kejari Kepulauan Aru resmi meluncurkan program Jargaria Sabar atau Jaksa Bahari dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat pulau.

Dengan menawarkan berbagai pelayanan hukum mulai dari layanan pengaduan hukum, konsultasi hukum Jarsuk (Jargaria besuk), Japri (Jargaria prima) hingga penyuluhan hukum dalam kaitannya dengan penerangan hukum serta pembinaan masyarakat taat hukum.

Giat yang berlangsung di dermaga feri setempat, Kamis (29/4/2021) juga turut dihadiri Kasi Pidum Yusran A. Baadillah, SH, Kasi Datun Dimas Saputra, SH, Kasi Pidsus Seska Taberima, SH, MH dan Kasi Intel Manatche L. C. Situmorang, SH.

(dp-31)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi