35 Titik di Kota Ambon Terpasang CCTV, Tilang Elektronik Siap Waktu Dekat

Dua kawasan di Kota Ambon, Provinsi Maluku teah ditetapkan sebagai Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL).
Share it:

Aktivitas kendaraan di salah satu jalan dalam Kota Ambon, Provinsi Maluku

Ambon, Dharapos.com
– Dua kawasan di Kota Ambon, Provinsi Maluku teah ditetapkan sebagai Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL).

Kedua kawasan tersebut meliputi Jln. A.Y. Patty dan Slamet Riyadi dan dilengkapi 2 unit CCTV guna memantau para pengendara.

Kapolresta Pulau Ambon dan PP. Lease, Kombes. Pol. Leo SN. Simatupang membenarkan hal itu.

Saat ini, terdapat 35 titik yang telah terpasang CCTV.

“Jadi, dari 35 titik itu telah terpasang dua CCTV di Kawasan Tertib Lalu Lintas A.Y. Patty dan Slamet Riyadi,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, dengan ditetapkan dua jalan ini sebagai KTL, akan ada petugas yang melakukan penindakan melalui CCTV.

"Kita mengharapkan seperti itu dan saat ini lagi dirampungkan syarat pendukungnya. Kemudian, kami akan integrasikan dengan Command Centernya Pemkot Ambon, sehingga nanti pembaharuan elektronik tilang nanti bisa dilaksanakan dalam waktu dekat," tegas Kapolresta.

Pihaknya, lanjut Kapolresta terlebih dahulu akan menyesuaikan infrastrukturnya.

"Jadi, bila ditemukan pelanggaran, tentunya bukti beserta surat tilang akan dikirimkan ke alamat pelanggar," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon Robert Sapulette ST. MT mengatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan kepolisian.

"Ada tim terpadu untuk melakukan pengawasan dan pengendalian setiap harinya. Kedepan, penindakan lagi tidak menggunakan manual melainkan Tilang Elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE)," jelasnya.

Program ini, kata Kadishub, telah diluncurkan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Gedung NTMC Polri Jakarta, Selasa (23/3/2021) lalu.

"Karena disinikan ada CCTV yang sudah dipasang, pada simpang jalan yang ada. Sehingga mengurangi penindakan yang bersifat manual. Nanti kita akan bertindak secara elektronik. Tetapi setiap saat ada petugas yang melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap dua kawasan ini," tuturnya. 

Perihal kapan Tilang Elektronik ini diberlakukan, dia mengaku, mekanismenya akan diatur antara Dishub Kota Ambon dengan kepolisian dalam rangka penindakan.

"Cara tilang penindakan secara elektrik adalah bisa direkam siapa yang melanggar. Mekanismenya akan diatur. Apakah ada surat pemberitahuan ke rumah atau bekerja sama dengan Samsat dan sebagainya," pungkasnya.

(dp-19)

Share it:

Hukum dan Kriminal

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi