News Ticker

Program Kilau Indah Desa Ngilngof Kepulauan Siap Digelar, Ini Agendanya

Program Tour Travel Kilau Indah Desa Ngilngof Kepulauan akan digelar oleh Traval.co bersama Caventer Indonesia dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi
Share it:

 

Pengelola Desa Wisata Ngilngof, Ronald Tethool
Langgur, Dharapos.com - Program Tour Travel Kilau Indah Desa Ngilngof Kepulauan akan digelar oleh Traval.co bersama Caventer Indonesia dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sabtu (27/2/2021).

Sejumlah agenda telah disiapkan diantaranya berupa pengambilan video secara live akan berlokasi (di dalam) ohoi, yang dimulai dari depan Gereja Santa Maria Ngilngof sebagai ikon wisata rohani, sekaligus keterangan tentang ikon wisata rohani ohoi tersebut.

Pada momen itu, diiringi tarian Sawat Pancing (tarian khas ohoi Ngilngof) oleh ibu-ibu dan remaja putri ohoi Ngilngof serta sinopsis tentang tarian tersebut yang masih dijaga sejak zaman leluhur hingga sekarang.

Selain itu, akan disampaikan juga keterangan dari pemerintah ohoi Ngilngof tentang sinergitas dengan program-program pemerintah serta dana desa untuk mendorong dan membantu pembangunan sarana-prasarana di kawasan wisata tersebut.

Usai dari gereja, kegiatan dilanjutkan ke pantai Yenroa (lokasi adanya hutan mangrove) yang sementara dilakukan pembibitan, dan tahun depan akan fokus dikembangkan menjadi kawasan Ekowisata oleh Kementerian Pariwisata.

Dari pantai Yenroa kemudian menuju kawasan destinasi pantai Pasir Panjang (Ngur Bloat).

Sebagai ikon pariwisata yang telah mendunia, di lokasi Ngur Bloat tersebut akan dipromosikan (perkenalkan) fasilitas-fasilitas di lokasi tersebut termasuk cara-cara pembuatan kuliner-kulinernya (pisang enbal dan lain-lain).

Di lokasi Ngur Bloat tersebut juga akan disajikan tarian-tarian khas daerah Kei, dan akan ditampilkan pula video tentang semua potensi wisata yang ada di Ohoi Ngilngof.

Selaku desa wisata yang ditunjuk menjadi tuan rumah kegiatan virtual tersebut, pihak Pemerintah Ohoi dan Badan Pengelola Destinasi Wisata Pantai Ngurbloat (Pasir Panjang), menyatakan kesiapannya dalam mendukung kegiatan tersebut.

Hal tersebut disampaikan Pengelola Desa Wisata Ngilngof, Ronald Tethool di Langgur, Jumat (26/2/2021).

Pihak ohoi Ngilngof memastikan telah siap untuk nantinya pada 27 Februari 2021 menyajikan pentas-pentas terkait dengan kegiatan virtual Tour (secara Live).

“Persiapan kami sudah sejak dua minggu lalu dan hari ini kami lakukan gladi (persiapan) terakhir. Dari semua pendukung acara kita sudah siap, dan untuk waktu pelaksanaannya akan menyesuaikan dengan waktu dari pusat yakni dimulai dari jam 12.00 WIT sampai pukul 14.00 WIT,” cetusnya.

Kegiaan ini berlangsung secara virtual tour live, sehingga masyarakat Kei dimana saja berada dapat menyaksikannya dari rumah tanpa harus datang ke Ngur Bloat.

“Mereka dapat menonton secara langsung Virtual Tour Kilauan Desa Wisata Ngilngof tersebut melalui akun youtube Pesona Indonesia,” sambungnya.

Tethool mengakui, kegiatan Virtual Tour ini sudah lama dinantikan oleh para pelaku wisata.

“Ini adalah jalan Tuhan. Karena selama ini semua pelaku wisata di Kepulauan Kei lagi gencar-gencar memproosikan kepulauan Kei agar diperhatikan secara khusus oleh pemerintah pusat. Ingat bahwa di Kei ini kita punya pantai pasir putih terhalus di dunia yang dinobatkan oleh National Geography,” tandasnya.

Tethool mengajak semua pihak (khususnya pelaku wisata) agar memanfaatkan momentum sebaik-baiknya dalam memperkenalkan pariwisata Kepulauan Kei.

“Jadi, ohoi Ngilngof ini sebagai pintu masuk representase daripada destinasi wisata yang ada di kepulauan Kei, yang akan berdampak besar untuk mempromosikan destinasi-destinasi wisata lainnya yang ada di Kepulauan Kei,” pungkasnya.

(dp-52)

Share it:

Ekonomi dan Bisnis

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi