News Ticker

Pemkab Tanimbar Terus Siapkan Infrastruktur Penunjang MTQ XXIX

Bupati Petrus Fatlolon menyatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar hingga kini terus meningkatkan pembangunan fasilitas penunjang pelak
Share it:

Progres pengerjaan panggung dan podium VIP Lapangan Mandriak Saumlaki
Saumlaki, Dharapos.com - Bupati Petrus Fatlolon menyatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar hingga kini terus meningkatkan pembangunan fasilitas penunjang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Provinsi Maluku yang ke XXIX tahun 2021 di Saumlaki.

Infrastruktur yang sedang dibangun dan yang akan disiapkan untuk menjadi tempat pelaksanaan kegiatan adalah panggung dan podium VIP di lapangan Mandriak, sejumlah fasilitas akomodasi, pariwisata dan tempat-tempat pelaksanaan tiap mata lomba.

"Panggung utama progresnya sudah rampung 75 persen dan VIP Podium sudah 40 persen. Ditargetkan bulan Mei nanti sudah 100 persen selesai. Saat ini, Dinas Pertanian sementara siapkan rumput untuk lapangan," ungkapnya di Saumlaki, Sabtu (20/2/2021).

Selain itu, Pemda Tanimbar juga telah menganggarkan Rp26 Miliar untuk pelaksanaan kegiatan, dan akan ada lagi  kucuran anggaran dari Pemprov Maluku.

Panitia akan menyiapkan sejumlah hotel, mess para Pastor dan Pendeta serta beberapa rumah dinas Pemda untuk akomodasi peserta MTQ  yang ditargetkan mencapai 1.000 orang.

"Kalau MTQ sebelumnya itu hanya ada 8 mata lomba, kali ini ada 9 mata lomba. Untuk itu kita sudah siapkan 9 lokasi yaitu Natar Kaumpu, gedung kesenian, BPU, Hotel Galaksi, Pendopo bupati dan lain-lain. Untuk angkutan darat, kami akan pinjam dari pemerintah provinsi. Sekitar 11 Bus," rincinya.

Di tanya soal kesiapan lain, Bupati menyatakan, Pemda juga sedang menata 3 destinasi wisata untuk dikunjungi oleh para peserta yakni pantai wisata Weluan, Danau Lorulun dan pantai wisata pulau Matakus.

Sesuai pembicaraan dengan Gubernur Maluku, Pemprov Maluku akan membantu penyelesaian pembangunan Masjid A'Anur Saumlaki.

Target Tuan Rumah

Sebagai tuan rumah penyelenggara, Pemda Kepulauan Tanimbar memiliki empat target.

"Target kita adalah sukses perencanaan, sukses pelaksanaan, sukses partisipasi masyarakat dan sukses meraih juara umum," bebernya.

Untuk itu, Pemda akan memaksimalkan pelatihan bagi kontingen dengan menghadirkan para pelatih dari Ambon dan sejumlah daerah di tanah air yang dikoordinir oleh LPTQ kabupaten.

(dp-18)

Share it:

Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi