News Ticker

Pejabat Publik Maluku Divaksin 13 Januari 2021

Para pejabat publik di Maluku akan menjadi penerima pertama vaksin Covid-19 pada 13 Januari 2021 mendatang.
Share it:

Foto Ilustrasi
Ambon, Dharapos.com - Para pejabat publik di Maluku akan menjadi penerima pertama vaksin Covid-19 pada 13 Januari 2021 mendatang.

"Jadi, para pejabat publik di Maluku mulai dari Gubernur, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas dan OPD lainnya akan divaksin pada 13 Januari mendatang," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Meykal Pontoh kepada pers di kantor Gubernur setempat, Selasa (5/1/2021).

Hal ini dilakukan guna memberikan contoh positif kepada masyarakat tentang vaksin.

Dimana tujuan vaksinasi dilakukan adalah untuk memotong pandemi Covid-19 sehingga, kesadaran harus dibangun guna mendukung hal tersebut.

Dikatakan Kadis, belum ada sanksi bagi tenaga kesehatan dan non medis yang tidak mau menerima vaksin karena belum ada aturan untuk itu.

"Penolakan itu karena mereka belum mendapat informasi yang benarnya. Dan juga belum ada sanksi untuk mereka," sambungnya .

Lanjut Kadis, walaupun proses vaksinasi berjalan, protokol kesehatan tetap berjalan juga.

"Dua pertiga penduduk dunia belum divaksinasi jadi belum bisa dikatakan ada kekebalan tubuh (hard imunity)," lanjutnya.

Kadis mengatakan vaksin yang sudah tiba di Maluku belum bisa digunakan namun hanya dapat didistribusikan sambil menunggu izin edar darurat (emergenzy autorization) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pusat.

Di tempat yang sama, Jubir Satgas Covid-19 Maluku dr. Rony Rerung menambahkan, khusus untuk tahap pertama bagi tenaga medis dan non medis yang bekerja pada fasilitas kesehatan akan menerima vaksin pada 15 Januari mendatang.

“Tidak semua fasilitas kesehatan dapat melakukan proses vaksinasi namun hanya fasilitas yang memiliki vaksinator yang sudah dilatih serta mempunyai tempat penyimpanan vaksin bersuhu 2 hingga 8 derajat Celcius," tandasnya.

Presiden Jokowi disebut menjadi orang pertama yang akan disuntikan vaksin Covid-19 yang akan dilaksanakan pada 13 Januari 2021 mendatang.

"Bapak Presiden menjalani penyuntikan pertama vaksin Covid-19," demikian disampaikan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/1/2021).

(dp-19)

Share it:

Kesehatan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi