News Ticker

SKK Migas-KKKS Pamalu Bersama LPDS Komitmen Tingkatkan Kompetensi Wartawan

SKK Migas Perwakilan Papua dan Maluku (Pamalu) bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di wilayahnya berkolaborasi dengan Lembaga Pers Dr. Soetom
Share it:

Giat virtual dengan topik Pengumuman Hasil Lomba Jurnalistik SKK Migas Pamalu & Sosialisasi Verifikasi Perusahaan Pers oleh Dewan Pers, Kamis (19/11/2020)
Saumlaki, Dharapos.com - SKK Migas Perwakilan Papua dan Maluku (Pamalu) bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di wilayahnya berkolaborasi dengan Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) menggelar Lomba Karya Jurnalistik penulisan karangan khas (feature).

Kali ini, lomba diikuti para jurnalis di Papua dan Maluku, sebagai upaya meningkatkan kecakapan dan ketrampilan menulis feature.

Kolaborasi antara SKK Migas - KKKS Pamalu dengan LPDS ini merupakan wujud dari komitmen kedua lembaga untuk terus meningkatkan kompetensi bagi ketrampilan wartawan di kawasan Papua dan Maluku agar makin profesional, terutama saat di masa pandemi Covid-19.

Kepala Perwakilan SKK Migas Pamalu, A. Rinto Pudyantoro menegaskan kolaborasi antara SKK Migas - KKKS Pamalu dengan lembaga profesional termasuk lembaga dan awak media merupakan perwujudan dari upaya untuk terus menambahkan wawasan bagi semua pemangku kepentingan agar dapat menginformasikan dan memberitakan pentingnya kelancaran kegiatan-kegiatan di sektor hulu migas.

Hal tersebut disampaikan pada giat virtual dengan topik Pengumuman Hasil Lomba Jurnalistik SKK Migas Pamalu & Sosialisasi Verifikasi Perusahaan Pers oleh Dewan Pers, yang juga di ikuti Pemimpin Redaksi Dharapos.com Simon Lolonlun, Kamis (19/11/2020).

“Lomba karya jurnalistik inilah yang menjadi wahana bagi peningkatan kapasitas wartawan agar makin profesional dalam menjalankan tugas kewartawanan di era multimedia,” tegasnya.

Sementara itu, Galih W. Agusetiawan, Kepala Departemen Humas SKK Migas Pamalu, mengatakan, Lomba karya tulis Jurnalistik diselenggarakan bersama dengan LPDS ini, secara khusus menulis feature.

“Ini merupakan bentuk apresiasi kami kepada para profesional jurnalis dan media, yang tanpa lelah terus membantu memberikan advokasi advokasi secara luas, kepada para stakeholder disekitar kegiatan industri hulu migas”, kata Galih.

Baik Rinto maupun Galih sama-sama menggarisbawahi bahwa kemampuan reportase menduduki porsi kompetensi yang menunjang dan mendukung penulisan berita dan feature yang mumpuni.

“Selain reportase baik dalam teknik pencarian berita maupun melakukan wawancara menjadi kompetensi yang aplikatif bagi operasional kerja kewartawanan, namun daya juang dan kemampuan mudah beradaptasi adalah kunci para profesional yang akan bertumbuh besar,” kata Galih menegaskan.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif LPDS, Hendrayana menyatakan, LPDS terus berkomitmen meningkatkan kompetensi dan profesionalisme wartawan baik teoritis maupun praktis, terlebih bagaimana para wartawan sekarang ini memahami dan menerapkan Kode Etik Jurnalistik dan UU ITE.

"Tantangan bagi wartawan di era multiplatformn demikian besar, demikian variatif, sementara audiens mengharapkan konten-konten yang berkualitas saat mereka merespons pandemi Covid-19 ini," kata Hendrayana di Jakarta, Kamis (12/11/2020).

(dp-18)

Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi