News Ticker

Pemdes Olilit Programkan Kartu Cerdas

Pemerintah Desa Olilit Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar menganggarkan sebagian Dana Desa (DD) untuk program kartu cerdas.
Share it:

Kepala Desa Olilit Sebastian Melsasail
Saumlaki, Dharapos.com - Pemerintah Desa Olilit Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar menganggarkan sebagian Dana Desa (DD) untuk program kartu cerdas.

Adapun program tersebut bernama Kartu Olilit Cerdas (KOC).

Demikian disampaikan Kepala Desa Olilit Sebastian Melsasail kepada Dharapos.com di ruang kerjanya, Rabu (21/10/20).

"Tujuan kita anggarkan dana desa untuk KOC ini adalah untuk meringankan biaya ekonomi orang tua di tiga sekolah dasar di Olilit," akuinya.

Hal ini juga dilakukan agar para orang tua di Olilit tak menyekolahkan anaknya di luar desa itu.

"Kebetulan karena Olilit ini mayoritasnya Katolik, maka ini dilakukan agar sekolah-sekolah dasar di Olilit dapat fokus menanamkan nilai-nilai iman Katolik dan mempersiapkan moral kepada masa depan anak," terang Kades.

Jika iman sudah kuat dan moralnya bagus maka siswa-siswi akan akan siap menapaki karir ke depan.

Sekolah yang bakal menerima KOC diantaranya SD Naskat Santo Ignatius 1 di Olilit Timur dengan jumlah siswa 220 orang dianggarkan per siswa Rp10.000 per bulan. 

“Jadi total satu tahun anggaran berjumlah Rp26.200.000,” paparnya.

Kemudian, SD Naskat Santo Ignatius 2 yang berlokasi di Olilit Timur juga dengan jumlah siswa 200 orang dianggarkan Rp10.000 per bulan dengan total Rp24.000.000,- per tahun.

Sementara SD Naskat Don Bosco 1 Olilit Barat dengan jumlah siswa 260 orang, dianggarkan Rp30.000,- per siswa tiap bulan dengan total setahun anggaran Rp93.600.000,-

"Kita anggarkan dana berdasarkan pungutan-pungutan dan kebutuhan dari sekolah. Jadi, realisasi untuk semester 1 di SD Naskat Don Bosco 1 kita serahkan Rp46.800.000, untuk SD Naskat Santo Ignatius 1 telah diserahkan Rp13.200.000,- dan SD Naskat Santo Ignatius 2 kita telah serahkan Rp12.000.000," rincinya.

Sebagai bentuk transparansinya, saat penyerahan kepada pihak sekolah, Pemdes meminta kepala sekolah untuk hadirkan seluruh dewan guru, orang tua dan perwakilan siswa sebanyak 6 orang dari masing-masing kelas.

Pemberian KOC ini bukan hanya kepada siswa-siswi yang berprestasi tapi kepada seluruh siswa yang bersekolah lingkungan di Desa Olilit.

Pemdes dan BPD sepakat memberikan kepada siswa-siswi SD terlebih dahulu.

"Program ini akan berkelanjutan. Bukan hanya kepada sekolah dasar, tetapi juga kepada para mahasiswa semester akhir yang mau wisuda, kita akan berikan bantuan juga," pungkas pensiunan polisi itu.

(dp-47)

Ikuti link videonya




Share it:

Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi