Minta Perhatian Serius Pemda, Gapoktan Desa Adaut Siap Buka Lahan 80 Hektar

Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Adaut, Kecamatan Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar siap membuka lahan pertanian padi ladang seluas 80 hektar
Share it:

Lahan seluas 80 hektar yang rencananya akan ditanami padi ladang  
Selaru, Dharapos.com - Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Adaut, Kecamatan Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar siap membuka lahan pertanian padi ladang seluas 80 hektar.

Ketua Gapoktan Desa Adaut Hobertinus Luarmasse saat di wawancarai, Rabu (21/10/2020) menyatakan komitmen kelompoknya untuk fokus pada upaya keras selama ini.

Namun mereka sangat membutuhkan pendampingan agar lebih maksimal lagi.

"Gapoktan ini berjumlah delapan kelompok. Masing-masing ketuanya menyatakan diri siap menggarap 80 hektar lahan pertanian di Adaut. Petani di Adaut sudah sangat bergiat dalam pekerjaannya. Namun, terkendala dengan pendampingan yang belum maksimal" jelas Hobertinus

Pemilik penginapan Sinar Kasih di Adaut itu optimis dengan membuka lahan pertanian seluas 80 hektar dan cara bertani yang beralih dari petani tradisional ke modern akan ada perubahan besar bagi masyarakat setempat.

Kepala Dinas Pertanian Jimmy Watumlawar

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Jimmy Watumlawar saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (22/10/2020) mengaku akan memberikan perhatian serius kepada kelompok tani ini.

"Sejak 1999  desa Adaut pernah panen besar-besaran untuk padi ladang. Jadi untuk kembalikan momen itu, masyarakat berharap bisa terulang kembali dan tentu lewat perhatian serius Pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian," terang.

Jimmy juga mengakui perhatian para petani di Selaru khususnya di desa Adaut selama ini masih terlalu lemah karena masyarakat lebih banyak berfokus pada perikanan yakni budi daya rumput laut. Padahal saat ini 80 persen beras impor dari luar Kepulauan Tanimbar.

"Untuk itu saya selaku Kepala Dinas akan memberikan perhatian serius melalui pendampingan para kelompok tani yang ada di Selaru," pungkas mantan Sekdis Ketahanan Pangan itu.

(dp-47)

Share it:

Maluku Tenggara Barat

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi