Pangdam Pattimura Kembali Temui 3 Tokoh Agama di Maluku

Pangdam XVI Pattimura yang baru, Mayjen TNI Agus Rachman kembali bersilaturahmi dengan pimpinan umat beragama di Maluku.
Share it:
Pertemuan dengan Ketua Walubi dan PHDI Maluku berlangsung di kediaman Ketua PHDI, Rabu (5/8/2020)
Ambon, Dharapos.com - Pangdam XVI Pattimura yang baru, Mayjen TNI Agus Rachman kembali bersilaturahmi dengan pimpinan umat beragama di Maluku.

Yang ditemui kali ini, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku Abdullah Latuapo, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Maluku I Nyoman Sukadana dan Ketua Perwalian Umat Budha Indonesia (Walubi) Maluku Wilhelmus Jahuwerissa.

Pertemuan dengan Ketua Walubi dan PHDI Maluku berlangsung di kediaman Ketua PHDI, Rabu (5/8/2020).

Pangdam dalam sambutannya mengharapkan melalui kegiatan ini, dapat terjalin kerjasama dalam membangun wilayah Maluku ini.

"Sesuai dengan tupoksi TNI untuk melindungi bangsa dan negara, saya tidak bisa bekerja sendiri. Saya mengajak bapak-bapak selaku ketua umat untuk bekerja sama," pintanya.

Menurut Pangdam, belajar dari pengalaman masa lalu maka begitu penting terciptanya kerukunan dan keakraban antar umat beragama sehingga tidak lagi ada perbedaan.

Ia juga menyampaikan, ada beberapa kabupaten di Maluku yang akan menyelenggarakan Pilkada.

“Tentunya sangat diharapkan dukungan dan kerjasamanya dalam menciptakan situasi yang kondusif, aman dan damai,” tandasnya.

Sementara Ketua PHDI Maluku I Nyoman Sukadana menyampaikan, kerja sama yang telah dibangun selama ini akan tetap berjalan dengan baik .

Pertemuan dengan pengurus MUI Maluku
"Sebagai anak bangsa kerjasama terkait pertahanan negara dilaksanakan bersama-sama guna membangun kedamaian dan ketentraman bagi bangsa dan negara, lebih khususnya Provinsi Maluku," cetusnya.

Apalagi masyarakat Maluku ini memiliki tradisi adat yang kuat dan melekat pada tatanan hidup masyarakat adat.

Di tempat yang sama, Ketua Walubi Maluku Wilhelmus Jahuwerissa mengapresiasi kunjungan Pangdam Pattimura beserta rombongan .

Menurutnya, langkah ini merupakan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

"Kami berharap TNI-Polri dapat menunjukan teladan bagi masyarakat dan tidak ada benturan di lapangan sehingga kepercayaan pada TNI - Polri menjadi lebih baik," harapnya.

Jahuwerissa mencontohkan, ketika Pangdam XVI Pattimura dijabat Doni Munardo yang saat ini mengepalai BNPB Pusat, TNI dilibatkan dalam kegiatan masyarakat.

"Kami harap agar hal tersebut dapat  dilanjutkan lagi," pintanya.

Sementara dalam kunjungannya  ke MUI Maluku, Abdullah Latuapo selaku menyambut baik kunjungan yang dilakukan Pangdam XVI Pattimura dan berharap kerjasama yang telah dibangun hingga saat ini dapat berdampak pada situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

(dp-19)
Share it:

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi