News Ticker

Hadiah HUT ke 74: Polres MTB Catat Rekor Lakalantas Tertinggi di Polda Maluku

Kepolisian Resor Maluku Tenggara Barat (Polres MTB) di kabupaten Kepulauan Tanimbar, saat ini tercatat memiliki angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) tertinggi di wilayah hukum Polda Maluku.
Share it:
Kapolres MTB AKBP. Adolof Bormasa

Saumlaki, Dharapos.com - Kepolisian Resor Maluku Tenggara Barat (Polres MTB) di kabupaten Kepulauan Tanimbar, saat ini tercatat memiliki angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) tertinggi di wilayah hukum Polda Maluku.

Hal tersebut disampaikan Kapolres AKBP. Adolof Bormasa dalam sambutannya pada acara syukuran HUT Bhayangkara ke 74 yang berlangsung di Mapolres MTB, Rabu (1/7/2020).

"Dari segi angkutan jalan maupun lalu lintas, Tanimbar masuk peringkat pertama laka lantas tertinggi di Maluku periode Januari sampai dengan Juni 2020," bebernya.

Penjelasan Kapolres ini disampaikan dihadapan Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, Wakil Ketua DPRD Jidon Kelmanutu, Dandim 1507/Saumlaki, Danlanal Saumlaki, DanYonif 734/SNS, Dansatrad Nifmasbulur, Penjabat Sekretaris Daerah, pimpinan SKPD, pimpinan umat beragama, serta tamu undangan lainya.

Ia menyebutkan, angka laka lantas tertinggi itu berada di kota Saumlaki, kecamatan Tanimbar Selatan.

"Lokasi yang rawan terjadi laka lantas itu pada jalur bawah atau jalan Mathilda Batlayeri, mulai dari jalan depan Natar Kaumpu hingga pohon beringin desa Sifnana. Pengendara sering melawan arus hingga menyebabkan kecelakaan," sebut Kapolres.

Lebih parah lagi, penyebab utama laka ini menurut Kapolres adalah karena para pengendara mengkonsumsi minuman keras (Miras).

Pengaruh miras menurutnya masih tetap dominan dan memberi kontribusi bagi tingginya angka lakalantas maupun kejahatan lainnya di Kepulauan Tanimbar.

"Kita semua yang hadir ini dan TNI-Polri wajib sampaikan kepada keluarga kita untuk taat rambu-rambu lalu lintas yang telah dipasang di marka-marka jalan untuk menghindari laka lantas dan jatuhnya korban," harapnya.

Meskipun demikian, Kapolres mengakui, hingga kini pihaknya belum melakukan tindakan penilangan bagi para pelanggar karena masih dibatasi dengan instruksi Kapolri.

"Selama masa pandemi Covid-19 ini, kami hanya mengimbau masyarakat untuk tidak melanggar rambu-rambu lalu lintas. Kami tidak tilang," akuinya.

Kendati wilayah ini tercatat sebagai rawan lakalantas namun saat ini, Kepulauan Tanimbar merupakan salah satu kabupaten paling aman di Maluku.

Kapolres mengakui, kamtibmas yang aman dan kondusif ini bukan terjadi karena hebat dan gagahnya TNI dan Polri, tetapi terjadi karena kepemimpinan Bupati serta dukungan semua elemen masyarakat termasuk awak media.

Kepala Dinas Perhubungan setempat, Yuliana Ongirwalu yang diwawancarai usai kegiatan itu menyatakan pihaknya akan bekerja keras membangun sinergitas dengan Polantas untuk memaksimalkan penjagaan di setiap pos.

"Ini sudah masuk new normal jadi para petugas lalu lintas sudah ada disetiap pos. Kami (Dinas Perhubungan, red) akan membangun sinergitas, bekerja semaksimal mungkin agar pelayanan kepada masyarakat khusunya para pengguna jalan mentaati rambu-rambu lalu lintas yang telah dipasang," pungkas mantan Kadis Sosial itu.

(dp-47)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi