Update Covid-19 di Malra Hingga 24 Juni 2020

Share it:

Jubir Gustu Covid-19 Malra dr. Katrinje Notanubun
Langgur, Dharapos.com - Bertempat Media Centre kantor Bupati baru, Sabtu (27/6/2020) dilaksanakan konferensi pers oleh Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

Hadir dalam konpers tersebut, Juru Bicara Gustu Covid-19 Malra dr. Katrinje Notanubun dan 1 personil Satgas serta 8 personel Tim Media Center setempat.

Tanggal 15 Juni 2020, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Malra memberikan sosialisasi tentang persiapan New Normal di Kabupaten Malra kepada tenaga pendidk yaitu Kepala SD, SMP, pengawas dan para guru di Kecamatan Kei Kecil.

Narasumber pada sosialisasi itu adalah Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Pendidkan setempat.

Tanggal 16 Juni 2020, kegiatan yang sama di Kecamatan Kei Kecil Timur, Kei Kecil Timur Selatan, Kei Kecil Barat dan Hoatsorbay, yang dihadiri Ketua Gugus Tugas, Kapolres Malra, Dandim 1503/Tual, dan beberapa pimpinan OPD.

Tanggal 17 Juni 2020, Kegiatan yang sama di Kecamatan Kei Besar, Kei Besar Utara Barat, Kei Besar utara Timur Kei Besar Selatan dan Kei Besar selatan Barat.

Tanggal 15 - 16 Juni 2020, Kepala Dinas Kesehatan Melakukan Rapat Koordinasi dengan Direktur RSUD Karel Sadsaitubun, dokter Spesialis Paru, Spesialis Phatologi Klinik, Spesialis Radiologi dan para Perawat, Membahas tentang kesiapan RSUD Karel Satsuitubun dalam menghadapi tatanan kehidupan baru (New Normal).

Tanggal 16 Juni 2020, ada laporan dari masyarakat terkait adanya 3 kapal andon dari Ur Pulau yang sementara berlabuh di perairan Ohoidertawun.

Setelah mendapat informasi, Bupati Maluku Tenggara bersama Dandim 1503 Tual, Kapolres Malra dan beberapa pimpinan OPD langsung menuju Lokasi.

Jumlah kapal andon yang ada sebanyak 2 unit dan satunya telah keluar.

Bupati, Dandim 1503 Tual dan Kapolres Malra memberikan arahan kepada 14 ABK kapal andon. 

Selanjutnya tim kesehatan melakukan pemeriksaan dan pembagian masker kepada 14 ABK dimana Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan adanya tanda dan gejala Covid-19.

Tanggal 17 Juni 2020 dilakukan penyemprotan disinfektan pada lokasi tempat tinggal nelayan Andon di Ohoidertawun.

Tanggal 18 Juni 2020, informasi dari petugas kesehatan yang bertugas di bandara Karel Sadsuitubun Langgur bahwa ada salah satu penumpang yang akan diberangkatkan ke Ambon atas nama. Tn. EM (52) berjenis kelamin laki-laki beralamat di Mangon, Kota Tual. Hasil pemeriksaan yang dilakukan di Bandara, yang bersangkutan “Reaktif”.

Tn. EM sebelum keberangkatan sering berkunjung ke kakaknya yang beralamat di lingkungan Karol Waitila Rukun 5 Langgur. Dengan adanya informasi tersebut, warga sekitar merasa tidak nyaman dan panik,

Tanggal 19 Juni 2020 Bupati Malra menginstrusikan kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk melakukan edukasi kepada masyarakat sekitar dan keluarga Tn. EM sekaligus petugas melakukan penyemprotan disinfektan pada rumah kakak Tn. EM, warung, toko dan bengkel.

Tanggal 19 Juni 2020 dilakukan Pemeriksaan RDT Tahap ke 2 pada 7 (tujuh) pelaku perjalanan yang berlokasi di Ohoi Wirin atas nama:

Tn. HI. A.A.R (56) Alamat Tetoat, Hasil Pemeriksaan Non Reaktif
Tn. JR (45) Alamat Tetoat, Hasil Pemeriksaan Nor Reaktif
Tn. M.F (37) Alamat Wirin, Hasil Pemeriksaan Non Reaktif
Tn. A.S.F (22) Alamat Wirin, Hasil pemeriksaan Non Reaktif
Tn. YF (27) Alamat Wirin Hasil Pemerksaan Non Reaktif
Tn. JW (22), Alamat Wirin, Hasil Pemeriksaan Non Reaktif
Tn. M.F (27), Alamat Wirin, Hasil Pemeriksaan Non Reaktif.

Tanggal 20 Juni 2020, dilakukan pemeriksaan RDT kepada pelaku perjalanan yang akan keluar daerah sebanyak 15 orang, 1 diantaranya dengan hasil Reakif atas nama Ny. SLJ (43) beralamat di Kota Tual.

Pihak Gustu Covid-19 Malra telah berkoordinasi dengan Tim Gustu Covid-19 Kota Tual dan yang bersangkutan telah dihubungi dan di tindaklanjuti sesuai Protokol Kesehatan. 

Tanggal 21 Juni 2020, Kepala Dinas kesehatan melakukan sosialisasi di lokasi Gereja Khatolik Langgur tentang Covid-19 karena adanya berita-berita yang meresahkan masyarakat dan membuat panik.

Sampai dengan di release laporan pada hari ini Rabu tanggal 24 Juni 2020 pukul 14.00 WIT di Kabupaten Malra,  

• ODP (Orang dalam Pemantauan) 0 (Nol)

• PDP (Pasien Dalam Pengawasan ) 0 (Nol)

• Konfirmaai Positif Covid-19 O (Nol)

(dp-52)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi