Linmas Se-Kelurahan Siwalima Dobo Jalani Pelatihan

Bertempat di tribun utama Lapangan Yos Soedarso Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Kamis (25/6/2020) telah dilaksanakan pelatihan bagi linmas se Kelurahan Siwalima, Kecamatan Pulau-pulau Aru.
Share it:
Pelatihan bagi Linmas se Kelurahan Siwalima, Kecamatan Pp Aru bertempat di tribun utama Lapangan Yos Soedarso Dobo, Kamis (25/6/2020) 

Dobo, Dharapos.com - Bertempat di tribun utama Lapangan Yos Soedarso Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Kamis (25/6/2020) telah dilaksanakan pelatihan bagi linmas se Kelurahan Siwalima, Kecamatan Pulau-pulau Aru.

Sejumlah narasumber dihadirkan pada giat tersebut seperti Kepala Puskesmas Siwalima Hadija Hasim, S.KM, anggota DPC Granat Aru dr. Riyanto Siagian, Kasat Binmas Polres Aru AKP R. Bembuain dan Wakapolsek Pp Aru IPTU Leo Siwabessy, S.Sos.

Hadir pada pembukaan, Camat Pp Aru Robertus Ngebursian, S.Sos, Lurah Siwalima Mika Ganobal, S.Sos, Staf Kekurahan Siwa lima dan peserta

Kapus Siwalima dalam materinya tentang kehidupan dimasa New Normal dalam kondisi pandemi Covid-19 menekankan tentang upaya pencegahan yaitu dengan menjaga daya tahan tubuh, sering minum vitamin, tetap laksanakan protokol kesehatan di tengah keluarga, dan makan makanan yang bergizi

“Harus selalu jaga kabupaten kepulauan Aru yang berstatus zona hijau supaya tetap hijau,” imbaunya.

Lanjut Kapus, selama masa pandemi agar kurangi merokok karena banyak pasien Corona adalah laki-laki yang sering merokok.

“Linmas harus sampaikan kepada keluarga untuk selalu terapkan protokol kesehatan, teristimewa di tempat keramaian agar jaga jarak, praktek cara mencuci tangan, pakai air mengalir dan pakai sabun,’ tukasnya.

Anggota DPC Granat dr. Riyanto Siagian dalam penyampaian materi tentang bahaya narkoba menekankan beberapa hal.

Salah satunya, menjelaskan tentang bahaya narkotika, psikotropika dan zat adiktif, yang menimbulkan kecanduan atau ketergantungan sangat tidak baik terhadap tubuh manusia.

Kemudian, Linmas juga sebagai agen dalam perubahan di lingkungan warga.

“Perhatikan juga perkembangan anak di rumah agar tidak terjerumus dalam kehidupan bebas yang mengakibatkan menggunakan narkoba,” cetusnya.

Materi tentang tugas dan peran Linmas yang dibawakan Kasat Binmas Polres Aru AKP R. Bembuain menjelaskan tentang keamanan dan ketertiban masyarakat bukan tanggung jawab Polri saja tetapi tanggung jawab semua komponen masyarakat yang di dalamnya termasuk Linmas.

“Kamtibmas secara umum dilakukan oleh Polri berdasarkan Undang-Undang no 2 tahun 2002,  namun tidak terlepas dari dukungan para Linmas,” urainya.

Kasat Binmas juga menekankan faktor minuman keras jenis sopi selalu menjadi penyebab timbulnya gangguan kamtibmas.

Tanggung jawab Linmas di lingkungan membantu memperhatikan warga yang baru datang dari luar daerah dalam kondisi Covid-19 agar diberikan pengertian untuk tetap mematuhi anjuran Pemerintah, baik melakukan karantina mandiri maupun menerapkan protokol kesehatan.

Warga yang sering melakukan keributan di lingkungan agar dilaporkan secara berjenjang di ketua RT apabila tidak dapat diatasi maka diserahkan kepada Polri untuk penanganan lebih lanjut.

Kasat Binmas juga mendorong pengaktifan pos-pos kamling di lingkungan RT sehingga membantu 
tugas-tugas Linmas sebagai tempat pengaduan bagi masyarakat yang mengalami permasalahan.

Terakhir, penyampaian materi tentang Situasi Kamtibmas Wilayah Kecamatan PP.Aru oleh Wakapolsek IPTU L. Siwabessy.

Dijelaskan, gambaran umum tentang situasi kamtibmas Kecamatan Pp Aru dalam keadaan aman dan tidak ada kasus menonjol yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat, namun terus dilakukan pemantauan bagi warga yang sering melakukan perbuatan pidana sehingga dilakukan langkah-langlah pencegahan.

Juga tanggung jawab linmas sesuai dengan tugas Satlinmas seperti yang tertuang dalam Permendagri Nomor 84 Tahun 2014 antara lain membantu dalam penanggulangan bencana; membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat; membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan; membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu.

Seusai penyampaian materi dilanjutkan dengan pelatihan baris berbaris kepada para Linmas.

Diakhir kegiatan, disampaikan arahan singkat oleh Lurah Siwalima kepada para Linmas sekaligus menutup rangkaian kegiatan pelatihan.

(dp-31)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi