5 Warga MBD Positif Covid-19, 2 Diantaranya Tenaga Medis

Lima orang warga Maluku Barat Daya (MBD) dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil test usap (Swab) Polymerase Chain Reaction (PCR).
Share it:
Foto Ilustrasi

Saumlaki, Dharapos.com  - Lima orang warga Maluku Barat Daya (MBD) dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil test usap (Swab) Polymerase Chain Reaction (PCR).

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten MBD Alfonsius Siamiloy yang dikonfirmasi Dharapos.com  dari Saumlaki, Kamis (25/6/2020) menyatakan hasil laboratorium Covid-19 yang dikirim Dinas Kesehatan Provinsi Maluku beberapa hari kemarin menyebutkan 5 orang warga MBD yang positif Covid-19.

Mereka diantaranya 3 orang warga pelaku perjalanan dari Ambon dan dua orang tenaga medis di wilayah itu.

Sekda MBD ini menjelaskan, sebelumnya, 3 orang pelaku perjalanan ini dikarantina bersama dengan 29 orang pelaku perjalanan yang datang dari Ambon dengan menumpangi KM. Sabuk Nusantara 87 dan dinyatakan positif berdasarkan hasil pemeriksaan awal.

"Berdasarkan hasil rapat tim gugus tugas, kami melakukan isolasi terpusat di tiga tempat dengan pembagian sebagai berikut 4 orang di perumahan dokter, 8 orang di mess pemda, 20 orang di penginapan scorpio. Saat hari ke 13 kami lakukan rapid test dan ternyata 4 dan 8 orang itu negatif sementara 2 orang dari 20 orang di penginapan itu dinyatakan reaktif. Terpaksa kami tahan 20 orang itu lagi dan yang lainnya dipulangkan," urainya.

Selanjutnya dua orang tersebut dipindahkan ke mess Pemda.

Saat pemeriksaan untuk 20 orang ini, hasilnya dari dua orang itu, ada satu yang nyatakan positif sedangkan di kelompok 18 orang itu ada dua yang positif lagi.

3 orang yang dinyatakan positif ini kembali dikarantina sementara 17 orang lainya dipulangkan.

"Setelah 13 hari kami ambil sampel dari 3 orang ditambah para medis yang menangani itu sesuai surat Kadis Kesehatan Provinsi dan dikirim ke Ambon. Hasilnya, 3 orang itu masih positif ditambah dengan 2 orang tenaga medis" sambung Siamiloy.

Dua tenaga medis positif terinfeksi Covid-19 berdasarkan hasil tes usap (swab) PCR dikeluarkan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas II Ambon.

"Jadi, saat ini sudah ada lima pasien positif Covid-19 di Maluku Barat Daya. Semuanya OTG atau tanpa gejala. Kami pindahkan 3 orang postif itu ke mess Pemda sementara 2 orang tenaga medis itu dikarantina terpusat di perumahan dokter," tambahnya

Saat ini, lanjut Siamiloy, tim medis sedang melakukan penanganan dengan memberikan makanan sehat, vitamin dan menganjurkan para pasien untuk teratur berolahraga.

Kondisi mereka terus diperiksa secara rutin setiap dua hari oleh tim medis.

"Dua orang tenaga medis ini dinyatakan positif karena mereka setiap hari bersentuhan dengan pasien. Mungkin dua ini kurang hati-hati atau lalai jadi bisa saja terinfeksi," kat dia.

Siamiloy berharap, tidak akan ada lagi penambahan jumlah pasien yang terpapar karena proses pencegahan dan penanganan Covid-19 diwilayah itu semakin diperketat.

"Saat ini masih ada pembatasan kapal dan hanya pesawat tetapi yang datang itu harus menyertakan swab test atau hasil rapid test negatif dan mereka harus diisolasi mandiri saat tiba dan tidak berhubungan dengan masyarakat". pungkasnya.

(dp-47)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi