News Ticker

Pemda Malra Gelar Pasar Murah di 5 Kecamatan

Bupati Maluku Tenggara (Malra), M. Thaher Hanubun melepas Tim Operasi Pasar/Pasar Murah yang dikoordinir oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Ketenagakerjaan di Langgur, Selasa (19/5/2020).
Share it:
Pelepasan tim operasi pasar Pemda Malra, Selasa (19/5/2020)
Langgur, Dharapos.com – Bupati Maluku Tenggara (Malra), M. Thaher Hanubun melepas Tim Operasi Pasar/Pasar Murah yang dikoordinir oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Ketenagakerjaan di Langgur, Selasa (19/5/2020).

“Kita punya kerinduan dan keinginan untuk melakukan sesuatu yang terbaik (pelayanan)  kepada warga, namun kita punya keterbatasan disana-sini. Meskipun dengan kekurangan yang ada, tidak akan mengurangi usaha dan kegiatan kita dalam rangka hadir (negara hadir) di tengah-tengah masyarakat untuk melakukan pelayanan,” cetusnya.

Menurut Bupati, sekecil apapun yang dilakukan kepada masyarakat, berikanlah itu dengan tulus dan ikhlas.

Seperti halnya saat menjelang Natal dan Tahun  Baru, Pemda Malra juga melakukan operai pasar dan pasar murah menjelang perayaan Idul Fitri.

“Kalau pasar murah ini kita buat di areal bekas pasar Ohoijang, tentu warga dari ohoi-ohoi akan mengeluarkan ongkos transportasi untuk datang. Tapi ini kita langsung datang di lokasi (kecamatan) untuk melakukan pelayanan terhadap mereka. Hal seperti ini yang disebut dengan negara hadir di tengah-tengah masyarakat untuk melayani,” tandasnya.

Bupati juga berpesan, agar dalam pelaksanaan operasi pasar/pasar murah ini, seluruh Staf Dinas Perindag dapat melayani masyarakat sebaik mungkin tanpa mengeluh.

“Saya berharap agar apa yang dilakukan ini dengan sunguh-sungguh dan ikhlas serta layani mereka sebaik mungkin. Jangan hitung-hitung dapat uang jalan atau tidak! Tetap semangat saja dalam bekerja,  pasti Tuhan akan membalas kebaikan kita semua,” tandasnya.

Bupati juga meminta Dinas Perindag agar terus memantau setiap warga selama operasi pasar/pasar murah tersebut.

“Jika dalam pelayanan itu barangkali ada warga yang betul-betul susah, tidak harus dilayani saat itu tapi harus didata dan disampaikan kepada Dinas Sosial atau kepada Bupati dan Wakil Bupati,” ungkapnya.

Selain itu, kepada para pimpinan OPD yang menjadi koordinator di wilayah kecamatan masing-masing diharapkan dalam beberapa hari ini tetap bekerja dengan menggabungkan diri bersama Dinas Perindag.

Kegiatan operasi pasar/pasar murah ini akan dilaksanakan di lima kecamatan, yakni kecamatan Kei Kecil, Kei Besar, Kei Kecil Tumur, Kei Keci Timur Selatan dan Hoat Sorbay.

Untuk Kecamatan Kei Kecil Timur dipusatkan di ohoi (desa) Mastur, kecamatan Kei Keci Timur Selatan di ohoi Danar, serta kecamatan Hoat Sorbay terpusat di ohoi Tetoat.

Pelaksanaan pasar murah pada ketiga kecamatan tersebut yakni Selasa (19/5/2020).

Kemudian Rabu (20/5/2020), pelayanan operasi pasar/pasar murah akan dilaksanakan di wilayah kecamatan Kei Besar yang dipusatkan di ohoi Elat.

Sedangkan untuk kecamatan Kei Kecil akan dilaksanakan pada hari Kamis-Jumat tanggal 20-21 Mei 2020, yang dipusatkan di halaman Kantor Dinas Peridustrian dan Ketenagakerjaan Malra.

Jenis kebutuhan pokok yang disediakan pada kegiatan operasi pasar/pasar murah tersebut  antara lain Beras Dolog sebanyak 5,5 ton, Gula Pasir (2,5 ton), Terigu Curah (750 Kg), Susu Kental Manis (768 Kaleng), dan Minyak Goreng Kemasan 1 Liter (300 Liter).

Kemudian, Sirup ABC sebanyak 360 Botol, Telur (168 Rak), Mentega Blue Band (720 Bungkus), Bawang Merah (100 Kg) dan Bawang Putih 100 Kg.                   

Kegiatan operasi pasar/pasar murah ini melibatkan dua distributor di Kabupaten Malra yaitu Perum Bulog Sub Divre Regional II Tual dan Toko Tonasa Permai.

Tujuan dilaksanakanya operasi pasar/pasar murah tersebut adalah untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari melalui subsidi yang bersumber dari APBD Tahun 2020.

Selain itu, untuk mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H yang semakin memperberat beban masyarakat, yang berdampak semakin tingginya inflasi dan Covid - 19 saat ini.

(dp-49/52)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi