52 Peserta Karantina Terpusat di Tanimbar Resmi Dilepas

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Tanimbar resmi melepas 52 peserta karantina terpusat yang telah melewati 14 hari kurungan yakni semenjak 10 Mei 2020 lalu.
Share it:
Penjabat Sekda Kepulauan Tanimbar Ruben Benharvioto Moriolkosu saat menyerahkan surat keterangan sehat kepada perwakilan peserta karantina terpusat
Saumlaki, Dharapos.com - Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Tanimbar resmi melepas 52 peserta karantina terpusat yang telah melewati 14 hari kurungan yakni semenjak 10 Mei 2020 lalu.

Acara pelepasan itu dilaksanakan di halaman karantina terpusat yang berlokasi di SMA Negeri 4 Lorulun, kecamatan Wertamrian, Sabtu (23/5/2020) sore.

Hadir dalam kegiatan itu, Penjabat Sekretaris Daerah setempat Ruben Benharvioto Moriolkosu bersama para Staf Ahli Bupati dan sejumlah pimpinan SKPD.

Turut hadir menyaksikan, Kapolres MTB AKBP. Adolof Bormasa dan Wakapolres Kompol. Lodevicus Tethool, Kepala Staf Kodim 1507/Saumlaki Mayor. Inf. Mohtar Bhari.

Sebagai simbol pelepasan, Penjabat Sekda menyerahkan surat keterangan selesai masa karantina kepada peserta dihadapan undangan dan para relawan kesehatan maupun sosial yang hadir.

Peserta karantina yang diwakili oleh Oce Ratuanik menyampaikan terima kasih kepada Gustu Covid-19 dan Pemkab Kepulauan Tanimbar yang telah melayani mereka selama keberangkatan dari pelabuhan Ambon, penjemputan hingga proses selama masa karantina.

Oce menyatakan, meskipun sebagian peserta karantina sudah memiliki surat keterangan sehat dari  Gustu Covid-19 Provinsi Maluku namun surat keterangan sehat dari Gustu Covid-19 Kabupaten Kepulauan Tanimbar akan sangat berguna bagi mereka saat kembali bertemu dengan keluarga dan masyarakat di desa masing-masing.

"Kami ini pelaku perjalanan bukan orang sakit jadi jangan ditakuti. Kami mohon ada fasilitas untuk pulang karena kami khawatir ada masyarakat yang tidak terima," pintanya.

Foto Bersama
Penjabat Sekda Ruben Benharvioto Moriolkosu dikesempatan itu menjelaskan bahwa 52 orang peserta karantina terpusat ini telah dinyatakan sehat sesuai dengan hasil tes selama 14 hari.

Terkait proses pemulangan mereka akan menjadi tanggung jawab tim Gustu Covid-19, dimana tim akan memfasilitasi proses pemulangan peserta karantina hingga ke desa masing-masing pada Minggu (24/5/2020) siang.

"Kami sudah berkoordinasi dengan bidang mitigasi untuk menyiapkan transportasi memulangkan mereka. Tim Gustu kabupaten akan berkoordinasi dengan  kecamatan dan desa untuk mengawal pemulangan mereka," sambung Moriolkosu.

Dia menjelaskan, 12 orang peserta karantina yang adalah pekerja instalasi listrik di kecamatan Molu Maru akan diberangkatkan setelah ada koordinasi dengan pimpinan PLN UP3 Saumlaki.

Moriolkosu menambahkan, sepanjang wabah Corona masih ada, tim Gustu Covid-19 Kepulauan Tanimbar tetap akan memberlakukan karantina terpusat bagi para pelaku perjalanan yang masuk ke wilayah itu.

Karantina terpusat itu akan kembali menampung para pelaku perjalanan yang datang dari Ambon dengan penerbangan, Selasa (26/5/2020).

(dp-47)
Share it:

Maluku Tenggara Barat

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi