Lawan Corona, Pemuda Katolik Tanimbar Bagi-bagi Masker dan Vitamin C

Pemuda Katolik Komisariat Cabang (PK Komcab) Kepulauan Tanimbar menunjukan kepeduliannya terhadap upaya pencegahan dan penanggulangan virus Corona di kota Saumlaki.
Share it:
Pemuda Katolik Tanimbar saat membagi-bagikan masker dan vitamin C bagi masyarakat kota Saumlaki, Sabtu (4/4/2020)
Saumlaki, Dharapos.com - Pemuda Katolik Komisariat Cabang (PK Komcab) Kepulauan Tanimbar menunjukan kepeduliannya terhadap upaya pencegahan dan penanggulangan virus Corona di kota Saumlaki.

Aksi peduli ini dilakukan dengan cara membagi-bagikan masker dan vitamin C bagi masyarakat kota Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Sabtu (4/4/2020).

Pengurus PK Komcab kepulauan Tanimbar yang dinahkodai Kornelis Waturu ini turun ke jalan dan melakukan pembagian di beberapa tempat seperti pasar Saumlaki dan Omele Sifnana serta di jalan Mathilda Batlayeri.

"Ini adalah gerakan Pemuda Katolik secara Nasional dan kami Pemuda Katolik Komcab Kepulauan Tanimbar juga mengikuti instruksi pengurus pusat," terang Korneles Waturu yang juga Ketua Pemuda Katolik Komcab Kepulauan Tanimbar.

Lanjutnya, meski ini adalah gerakan nasional, namun rencana murni lahir dari anggota  Komcab Kepulauan Tanimbar dengan memberikan sumbangan sukarela termasuk dari dua orang pembina yakni dokter Yuliana Ratuanak dan Andreas Werembinan Taborat.

"Dari dana yang terkumpul, kemudian kita membeli masker, vitamin dan brosur dari Ikatan Dokter Indonesia Tanimbar untuk dibagikan secara gratis kepada ratusan warga," ujarnya.

Berbeda dari biasanya, kali ini Neles (Begitu sapaan akrab ketua PK) lebih menyasar pada ibu-ibu yang berjualan di pasar .

"Selama ini kan dibagi kepada pengendara dijalan raya. Kali ini kami sasar ke ibu-ibu yang berjualan di pasar yang tidak pernah tersentuh. Padahal mereka cukup rawan karena tiap saat kontak langsung dengan begitu banyak pembeli," katanya.

Neles mengaku menemukan keluhan dari banyak orang yang membutuhkan masker.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua  Bidang Kepemudaan Hilarius Rangkore yang bertidak sebagai koordinator lapangan mengaku sempat kewalahan saat membagikan masker dan vitamin C, karena begitu banyak masyarakat yang membutuhkan.

"Ada  400 pcs masker untuk orang dewasa dan 150 pcs lagi untuk anak-anak serta 50 dos (400) butir vitamun C, namun tetap banyak yang datang sehingga tak cukup," akunya.

Menurut Hilarius, pemberian masker bagi anak-anak adalah hal yang perlu menjadi perhatian serius, karena usia mereka adalah kelompok yang cukup rentan tertular Covid-19.

"Kami berencana akan bagi lagi di Kecamatan Tanimbar Utara dan akan perbanyak masker untuk anak-anak," tambahnya.

Sesuai pantauan, PK Komcab Kepulauan Tanimbar dalam sosialisasinya melalui pembagian brosur itu berisi imbauan seperti mengajak masyarakat untuk menjaga jarak atau sosial distancing, masyarakat hendaknya menaati semua anjuran Pemerintah.

Mereka juga mengimbau kepada Pemerintah untuk memperketat pengawasan pintu masuk bandar udara dan pelabuhan laut.

(dp-47)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi