Cegah Covid-19, Pemdes Wearlilir Beri Bantuan Dukung Warga Hidup Sehat

Pemerintah Ohoi (Desa) Wearlilir memberikan bantuan berupa paket alat-alat kebersihan seperti ember berkran, sabun cair, antiseptik dan tisu bagi warganya.
Share it:
Penyerahan paket kepada warga oleh Pejabat Kepala Ohoi Wearlilir didampingi perangkat dan tim Satgas Ohoi

Langgur, Dharapos.com – Pemerintah Ohoi (Desa) Wearlilir memberikan bantuan berupa paket alat-alat kebersihan seperti ember berkran, sabun cair, antiseptik dan tisu bagi warganya.

Bantuan tersebut dimaksudkan untuk mendukung pola hidup sehat warga di desa itu.

Pejabat Kepala Desa Wearlilir Theodorus Rettobjaan S. Fils mengungkapkan alasan dan tujuan diberikannya bantuan itu agar masyarakat terbiasa hidup dengan pola yang sehat.

"Kami membantu seluruh warga Ohoi agar terbiasa dengan pola hidup sehat melalui cuci tangan di air mengalir,” katanya pada awak media di sela-sela kegiatan, Selasa (31/3/2020).

Dijelaskan pula, kegiatan ini dilakukannya untuk membantu Pemerintah mulai dari pusat sampai ke daerah dalam upaya penanganan dan pencegahan Covid-19 lewat Tim relawan yang telah dibentuk di Ohoi Wearlilir perhari Minggu (29/3/2020).                 

Rettobjaan melaporkam bahwa kegiatan yang dilaksanakan untuk masyarakatnya sebagai gerakan bersama untuk cegah Covid-19 secara khusus di Ohoi Wearlilir.

Ia merincikan bentuk paket yang dibagikan berupa 1 buah ember berkran, 1 botol sabun cair antiseptik, 1 rol tisu kering, 1 lembar brosur himbauan Cegah Covid 19, dan 1 lembar brosur 6 langkah mencuci tangan sehingga total paket yang dibagikan sebanyak 210 paket.                            

Yang menjadi sasaran pembagian paket yaitu setiap rumah warga Ohoi Wearlilir dan beberapa rumah warga yang tidak ber-KTP Wearlilir namun tinggal di dalam wilayah pemukiman setempat.

Kemudian, tempat-tempat umum dan pusat transaksi seperti gereja, kantor Ohoi, Balai Ohoi, Woma, gedung Puskesdes, gedung Posyandu, PAUD, tempat usaha BUMO, dan Kios-kios.

Pelaksanaan pembagian dilakukan tim relawan Covid-19 diperkuat dengan tim relawan kesehatan Ohoi Wearlilir yang dibentuk sejak Desember 2019. Terdiri dari ketua Puskedes Wearlilir dan beberapa tenaga medis (bidan, perawat, farmasi) setempat.

Pembagian paket disertai dengan sosialisasi tentang tanggap Covid 19 oleh tim kesehatan di setiap rumah yang dikunjungi.

Rettobjaan mengaku bahwa sumber dana untuk kegiatan berasal dari Silpa Dana Desa 2019 dan akan dilaporkan dalam tahap 1 tahun 2020.

"Kami laksanakan kegiatan  ini sudah termuat dalam APBO 2020,” tandasnya.

Rettobjaan mengimbau kepada masyarakat Malra khususnya bagi warga Ohoi Wearlilir untuk terus menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga dan lingkungan yang dimulai dari sering mencuci tangan agar tetap dalam kondisi sehat.

Ia juga tekankan warga untuk tetap beraktifitas secara normal di rumah dengan selalu memperhatikan anjuran dan himbauan Pemerintah terkait tanggap Covid-19.

“Jaga dan pelihara paket yang telah dibagikan agar tetap awet dan bisa dipakai dalam kurun waktu yang lama,” pintanya.

Bagi warga masyarakat juga agar bisa membuat hal yang sama atau dengan inovasi yang lain di rumah masing-masing.

“Ini sebagai langkah bersama untuk hidup sehat dan bebas dari Covid-19. Katong bersih, Evav bebas Covid-19,” pungkasnya.

(dp-52)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi