183.684 Pelanggan PLN di Maluku-Maluku Utara Nikmati Listrik Gratis

Sebanyak 24 juta pelanggan PLN di Indonesia dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan 7 Juta pelanggan 900 VA bersubsidi menerima pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga 450 VA dan pemberian keringanan tagihan 50 persen kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA sesuai dengan kebijakan Presiden Joko Widodo.
Share it:
Logo PLN
Ambon, Dharapos.com - Sebanyak 24 juta pelanggan PLN di Indonesia dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan 7 Juta pelanggan 900 VA bersubsidi menerima pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga 450 VA dan pemberian keringanan tagihan 50 persen kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA sesuai dengan kebijakan Presiden Joko Widodo.

Kebijakan ini sendiri berlaku bagi pelanggan prabayar maupun pascabayar sesuai dengan kedua tarif daya tersebut.

Jumlah pelanggan tersebut sudah termasuk dengan 226.144 pelanggan rumah tangga daya 450VA dan 900VA bersubsidi di Maluku dan Maluku Utara.

"Adapun di Maluku sendiri terdapat 144.227 pelanggan, dimana 115.101 merupakan pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA dan 29.126 pelanggan rumah tangga dengan daya 900VA bersubsidi", ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Maluku dan Maluku Utara, Romantika Dwi Juni Putra.

Sedangkan untuk di Maluku Utara yang menikmati kebijakan tersebut sebanyak 81.917 pelanggan, dimana 68.583 pelanggan merupakan pelanggan rumah tangga dengan daya 450VA dan 13.334 merupakan pelanggan rumah tangga dengan daya 900VA bersubsidi.

Adapun untuk proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini dilakukan secara bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 April dan paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut.

"Untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni. Sementara untuk pelanggan pra bayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir" tambah Romantika.

Berikut mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50% untuk Pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi.

Mekanisme website dengan cara:

1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19

2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Atau pelanggan juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara :

1. Buka Aplikasi WhatsApp

2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

3. Token gratis akan muncul

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Romantika juga menambahkan bahwa PLN UIW Maluku dan Maluku Utara memastikan bahwa pelayanan dan pasokan kelistrikan tetap terjaga di tengah pandemi virus COVID-19 di Maluku dan Maluku Utara.

Di sisi internal perusahaan, PLN telah memiliki mekanisme pengaturan Work From Home (WFH) serta Split Work atau pembagian kerja yang bertujuan untuk mengatur pelaksanaan proses bisnis dan operasional perusahaan agar tetap terjaga dengan tetap memperhatikan kesehatan dari para pegawai.

“Mekanisme ini akan secara otomatis langsung kami terapkan di wilayah-wilayah kerja kami di daerah yang berstatus kuning, orange dan merah. Untuk para pegawai kami yang bertugas di sisi Pembangkit, Transmisi dan Distribusi hingga Pelayanan Teknik dan Dinas Gangguan tetap kami siagakan guna pelayanan listrik yang tetap maksimal dengan diatur melalui mekanisme split work tersebut”, tambah Romantika.

Terkait dengan pelayanan listrik kepada masyarakat khususnya terkait pembayaran rekening listrik maupun pembelian token listrik prabayar, PLN juga menghimbau agar masyarakat dapat menggunakan layanan online dari PLN sehingga masyarakat tidak perlu ke luar rumah.

(dp-19)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi