Sekda Kasrul : Belum Ada Kasus Positif Covid-19 di Maluku

Hingga saat ini belum ada kasus positif Covid-19 di Maluku.
Share it:
Sekda Maluku Kasrul Selang (tengah)  saat memberikan pernyataan pers
Ambon, Dharapos.com - Hingga saat ini belum ada kasus positif Covid-19 di Maluku.

Demikian penegasan Sekretaris Daerah Maluku Kasrul Selang kepada awak media di kantor Gubernur setempat,  Kamis(19/3/2020).

Walaupun begitu, Pemerintah Provinsi Maluku sejak awal telah melakukan tindakan pencegahan serta antisipasi akan hal tersebut.

"Di bandara Pattimura ada termoscener dan pelabuhan Ambon sudah ada posko kesehatan," ungkapnya.

Sekda juga menyampaikan beberapa rumah sakit telah disiapkan untuk penanganan Covid- 19 seperti RSUP dr. Leimena, Rumkit dr. Latumeten, RS Polri Tantui, RS Lantamal Ambon serta RS dr Haulussy Kudamati.

Mantan Kepala Dinas PKP Provinsi Maluku ini juga mengimbau agar masyarakat tidak perlu melakukan pembelian sembako dalam jumlah besar akibat kekhawatiran akan kelangkaan bahan pokok tersebut.

Menurutnya, untuk stok  persediaan gula dan beras tidak mengalami masalah karena jumlahnya tersedia hingga lima bulan ke depan.

"Ada banyak bahan pokok yang dipantau dan tidak ada batasannya yakni beras, minyak goreng, gula dan mie instan," rinci Sekda.

Selain itu, seluruh jadwal pelayaran kapal pengangkut sembako berjalan sesuai jadwalnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dr. Meyke Pontoh menambahkan, untuk menyimpulkan seseorang positif Covid-19 diperlukan pemeriksaan kesehatan yang berkelanjutan.

Sehingga status orang  dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) belum dapat ditetapkan positif Corona karena menunggu hasil pemeriksaan specimennya.

"Jadi, sekarang tiga orang PDP statusnya menjadi ODP. Ada satu ODP tapi di luar rumah sakit," tukasnya.

(dp-19)
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi