News Ticker

Wagub Orno : Kearifan Lokal Dapat Mendukung Kemajuan Pendidikan

Pendidikan akan maju jika didukung moral dan budaya yang bagus, dalam hal ini terkait kearifan lokal.
Share it:
Wagub Barnabas Orno didampingi Ny. Insun Sangadji saat membuka acara Forum OPD Disdikbud Maluku bertempat di Golden Palace Hotel, Rabu(19/2/2020)
Ambon, Dharapos.com - Pendidikan akan maju jika didukung moral dan budaya yang bagus, dalam hal ini terkait kearifan lokal.

"Kenapa saya tekankan kearifan lokal? Karena itu, mengajarkan kesopanan, tata krama dan saling menghargai antar sesama," terang Wakil Gubernur Barnabas Orno saat membuka acara Forum OPD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku bertempat di Golden Palace Hotel, Rabu(19/2/2020).

Menurutnya, budaya daerah harus dikenalkan pada anak-anak sejak dini karena itu merupakan warisan para leluhur. Setelah itu baru tokoh lainnya seperti pahlawan nasional.

Untuk itu, Wagub meminta Disdikbud untuk membentuk tim guna menyusun buku tentang kearifan lokal Maluku.

"Kearifan lokal harus dibudayakan kembali mengingat perkembangan zaman yang semakin maju maka kearifan lokal harus dipelajari oleh anak-anak di daerah ini," dorongnya.

Selain itu, penyusunan anggaran pada dinas berlambang Tut Wuri Handayani ini harus disinergikan dengan cermat, sehingga pelaksanaanya berjalan dengan baik.

Pada kesempatan tersebut, mantan Bupati Maluku Barat Daya juga menyinggung soal sertifikasi guru.

"Selama ini sertifikasi yang berlangsung juga harus selektif, sehingga memberikan motivasi pada guru agar berdampak pada peningkatan mutu pendidikan di daerah ini," pungkasnya.

Di tempat yang sama, Plt. Kepala Disdikbud Provinsi Maluku Insun Sangadji menambahkan, pihaknya di tahun 2020 akan membuat program jangka pendek guna meningkatkan mutu pendidikan di daerah ini.

"Program lebih banyak non fisik untuk penguatan kapasitas guru guna menjadikan mereka lebih berprestasi," tukasnya.

Kegiatan ini diikuti Disdikbud dari 11 kabupaten/kota di Maluku dan akan berlangsung 19 - 21 Febuari 2020.

(dp-19)
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi