News Ticker

Polres MTB Gelar Giat Sambang Perairan Cegah Radikalisme

Kepolisian Resort Maluku Tenggara Barat (Polres MTB) menggelar kegiatan Sambang Perairan dalam rangka mendukung Program Quick Wins Polri kegiatan 1 yakni "Penegakkan hukum bagi organisasi radikal dan anti Pancasila".
Share it:
Polres MTB menggelar kegiatan Sambang Perairan dalam rangka mendukung Program Quick Wins Polri kegiatan 1 yakni "Penegakkan hukum bagi organisasi radikal dan anti Pancasila" yang berlangsung di areal pelabuhan laut Saumlaki, Kamis (20/2/2020)
Saumlaki, Dharapos.com - Kepolisian Resort Maluku Tenggara Barat (Polres MTB) menggelar kegiatan Sambang Perairan dalam rangka mendukung Program Quick Wins Polri kegiatan 1 yakni
"Penegakkan hukum bagi organisasi radikal dan anti Pancasila".

Kegiatan yang dilaksanakan di areal pelabuhan laut Saumlaki, Kamis (20/2/20) didasarkan Surat Perintah Kapolres Nomor : Sprin/132/II/2020 tanggal 07 Februari 2020.

Hadir dalam kegiatan antara lain Camat Tanimbar Selatan yang di wakili Sekretaris Kecamatan - Frets Watutamata,  Ps. Kasat Polairud Polres MTB - IPTU J. M. Seleky, Kapolsek Tanimbar Selatan yang diwakili Bhabinkamtibmas Kelurahan Saumlaki Brigpol. Alfi Toisuta, kelompok nelayan pesisir pantai yang beralamat di Gunung Nona Saumlaki, personil Sat Polairud dan personil Subbag Humas Bag Ops Polres MTB.

Dalam sambutannya, Kasat Polairud menjelaskan bahwa Quick Wins Polri ini merupakan program yang telah dicanangkan oleh Pemerintah pusat.

"Kami mengundang bapak-bapak nelayan dan masyarakat pesisir untuk menghadiri kegiatan ini bukan berarti kami menganggap bahwa bapak-bapak telah terpapar oleh paham-paham radikal melainkan agar bersama kita perangi dan menangkal paham-paham radikal ini," jelasnya.

Seleky menerangkan pentingnya menangkal paham radikalisme di era dewasa ini.

Menurutnya, paham radikal merupakan cara pikir dari orang-orang yang ingin mengubah ideologi negara kita dengan melalui berbagai cara.

Seleky menekankan bahwa Pancasila merupakan ideologi negara dan sudah bersifat final sehingga wajib dipelihara sebagai ideologi yang mempersatukan bangsa dari ragam perbedaan.

"Karena itu, melalui kegiatan ini, saya mengajak bapak-bapak untuk bersama-sama mengantisipasi masuknya paham-paham di luar ideologi negara kita yaitu Pancasila. Bila suatu saat nanti bapak menemukan penyebaran paham-paham radikal seperti ini, kami harap agar segera dilaporkan kepada pihak Kepolisian," imbaunya.

Sekretaris Kecamatan Tanimbar Selatan, Frets Watutamata dalam sambutannya menyatakan, Pemerintah saat ini sedang gencar melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam menangkal paham radikal dan memperkuat Pancasila sebagai Ideologi Negara Indonesia.

Foto bersama seusai penyerahan teks Pancasila
"Kami dari pihak Pemerintah Kecamatan Tanimbar Selatan sangat mendukung dan menyambut gembira kegiatan ini. Semoga dengan kegiatan ini, kita bersama-sama dapat menangkal paham radikali di wilayah kita demi keamanan dan ketertiban," harapnya.

Menurut Frets, menjaga keutuhan NKRI adalah merupakan tanggung jawab semua komponen anak bangsa, termasuk para Nelayan di Kelurahan Saumlaki.

Guna memerangi paham ini, ia mengajak para peserta untuk tidak fanatik berlebihan. Karena menurutnya, radikalisme itu bisa hadir dari dalam diri jika seseorang menganggap bahwa orang di luar keyakinannya adalah kafir.

"Oleh karena itu, mari bersama-sama kita menjaga kerukunan antar umat beragama serta saling menghargai antara sesame pemeluk agama yang lain," imbaunya.

Kapolsek Saumlaki yang diwakili oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Saumlaki Brigpol Alfi Toisuta mengimbau kepada peserta untuk membantu kepolisian dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Segera melaporkan bilamana menemukan kelompok-kelompok yang hendak mengembangkan paham radikal di lingkungan kita" imbaunya.

Kegiatan itu diakhiri dengan pembacaan komitmen moral untuk memerangi paham radikalisme, penyerahan bantuan sarana kontak, dan foto bersama.

Sarana kontak yang di serahkan berupa bendera Merah Putih yang diserahkan oleh Sekcam, Teks Pancasila yang diserahkan oleh Bhabinkamtibmas kelurahan Saumlaki, Life Buoy yang diserahkan oleh Kasat Polairud Polres MTB, dan paket sembako diserahkan Ps. Kanit Patroli Sat Polairud Polres MTB Bripka Victor Nimreskossu.

(dp-18)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi