News Ticker

Mabes Polri Gelar Monitoring Polmas di Polres MTB

Tim Mabes Polri yang terdiri dari Korbinmas Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam), Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Lemdiklat Polri) dan Japan International Cooperation Agency (JICA) menggelar monitoring Polisi Masyarakat (Polmas) di Mapolres Maluku Tenggara Barat (MTB), Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Rabu (15/1/2020).
Share it:
Tim Mabes Polri terdiri dari Korbinmas Baharkam, Lemdiklat Polri dan Japan International Cooperation Agency (JICA) menggelar monitoring Polmas di Mapolres MTB, Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Rabu (15/1/2020)
Saumlaki, Dharapos.com - Tim Mabes Polri yang terdiri dari Korbinmas Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam), Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Lemdiklat Polri) dan Japan International Cooperation Agency (JICA) menggelar monitoring Polisi Masyarakat (Polmas) di Mapolres Maluku Tenggara Barat (MTB), Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Rabu (15/1/2020).

Tim monitoring terdiri dari Kombes Pol Andi Heru Santoso, ST. MK.,SH., MH Anjak Korbinmas Baharkam Polri yang bertindak selaku ketua Tim, Kombes Pol (Pur) Dr. Tiktik Rustika dari National Expert JICA,  AKBP I. GM. Seli Pudja Wijaya, SE dan Kasubdit Bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda Metro Jaya, Kompol Yani Parinussa, SH.,MH Kasubdit Bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda Maluku.

Kegiatan monitoring ini dilakukan di aula rapat utama Polres MTB pukul 09.00 Wit yang dihadiri Kapolres AKBP. Andre Sukendar, SIK, Waka Polres Kompol Lodevicus Tethool, SH, MH, para Kabag, Kasat, Kasi, KBO dan seluruh perwira.

Rangkaian acara diawali dengan pemaparan tentang gambaran wilayah hukum Polres MTB dan Polsek jajaran, situasi umum peta Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Jarak tempuh dari Polsek ke Polsek, Tri Gatra, geografi, demografi, sumber daya alam, kekuatan personil Polres MTB dan Polsek jajaran, personil Bhabinkamtibmas dan Ranmor Bhabinkamtibmas.

Ketua Tim Anjak Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Andi Heru Santoso dikesempatan itu memotivasi para peserta monitoring agar terus semangat dalam bertugas.

"Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Kepolisian karena langsung ke desa - desa, untuk itu apabila ada halangan, kesulitan ataupun masalah dalam penerapan pembelajaran yang telah diberikan di bekasi untuk disampaikan agar bisa di evaluasi," tandasnya mengingatkan.

Kombespol (Purn) Tiktik Rustika di kesempatan itu menjelaskan tentang sejarah National Expert JICA dan kerjasama dengan kepolisian Jepang.

"Badan Kerja Sama Internasional Jepang, atau lebih dikenal dengan nama JICA, adalah sebuah lembaga yang didirikan pemerintah Jepang untuk membantu pembangunan negara-negara berkembang. Lembaga ini berada di bawah kekuasan Departemen Luar Negeri dan didirikan pada Agustus 1974" katanya.

Foto bersama
JICA Partnership Program (JPP) atau Program Kemitraan JICA merupakan suatu program dukungan Japan International Cooperation Agency (JICA) yang bertujuan mendorong pelaksanaan berbagai proyek pembangunan pada tingkat masyarakat akar rumput di berbagai negara berkembang yang diprakarsai oleh berbagai mitra pembangunan Jepang, khususnya LSM, Pemerintah daerah, dan
perguruan tinggi  yang memiliki teknologi dan pengalaman dalam pembangunan.

Proyek JPP ditujukan untuk memberikan manfaat langsung kepada masyarakat di berbagai negara.

JICA memiliki program untuk membantu proses reformasi Polri pada pada awalnya dan masih berlanjut hingga sekarang. 

Beberapa program yang dilaksanakan seperti mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas kepolisian Indonesia, termasuk yang memberikan pelatihan ke luar negeri.

"Project dilaksanakan di Saumlaki untuk pembelajaran yang nanti akan disampaikan ketingkat yang lebih tinggi"katanya.

Kegiatan itu diakhiri dengan doa oleh Kasat Binmas Polres MTB Kompol Simon A. Mansiletty.

Kegiatan berakhir pada Pukul 09:40 WIT, dan dilanjutkan dengan acara foto bersama serta  pemeriksaan fisik kendaraan bermotor roda dua milik personil Bhabinkamtibmas.

Apel pengecekan Bhabinkamtibmas dengan Kendaraan Bhabinkamtibmas Polres MTB itu dipimpin oleh Kasubdit Bhabinkamtibmas Dit. Binmas Polda Maluku Kompol Y. Parinusa.

"Ketika tahun kemarin saya ke Mabes Polri, saya mendapat bocoran bahwa tahun ini atau tahun depan akan ada prioritas kepada Bhabinkamtibmas dalam mengikuti seleksi SIP, selain itu paling lambat tahun depan seluruh kebutuhan Bhabinkamtibmas akan dipenuhi," tukasnya menutup acara pemeriksaan fisik kendaraan bermotor.

(dp-47)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi