News Ticker

SKK Migas - KKKS Pamalu Umumkan Jurnalis Terbaik 2019

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Perwakilan Wilayah Papua dan Maluku (Pamalu) mengumumkan pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalistik Industri Hulu Migas 2019, Rabu (13/11/2019), di Sorong, Provinsi Papua Barat.
Share it:
Foto bersama para pemenang lomba karya tulis jurnalistik Industri Hulu Migas 2019 kategori Faeture 

Ambon, Dharapos.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Perwakilan Wilayah Papua dan Maluku (Pamalu) mengumumkan pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalistik Industri Hulu Migas 2019, Rabu (13/11/2019), di Sorong, Provinsi Papua Barat.

Jurnalis dari Kantor Berita Antara Biro Maluku dan Radar Sorong menyabet juara pertama masing-masing untuk kategori Feature dan Straight News.

Apresiasi hadiah lomba dari pemberitaan yang dikategorikan sebagai Feature diberikan penghargaan yang lebih, jika dibandingkan straight news.

“Kualitas dan kuantitas penulisan kategori feature, yang tidak terikat oleh kondisi 5W + 1H dan menitikberatkan peran advokasi oleh jurnalis dalam pemberitaannya, sangat didorong keberagamannya oleh SKK Migas dan KKKS,” ungkap Galih W. Agusetiawan, Kepala Departemen Humas, SKK Migas Perwakilan Pamalu dalam pembukaan pengumuman lomba tersebut.

Diakuinya, peran tulisan feature pada kegiatan hulu migas sebagai bentuk hasil karya tulis jurnalistik yang dihasilkan dari reportase (peliputan) mengenai suatu objek atau peristiwa yang bersifat memberikan informasi, mendidik, menghibur, meyakinkan serta menggugah simpati atau empati pembaca, sangat sejalan dengan fungsi advokasi yang juga dilakukan Kantor Perwakilan SKK Migas.

Siaran pers yang diterima media ini, Galih merincikan pula bahwa prosentase jumlah wartawan peserta lomba, sangat berimbang antara wartawan dari Papua dan Maluku.

Dan secara keseluruhan didapatkan karya tulis pada kategori feature  sebanyak 69 persennya lebih memberitakan peliputan kegiatan hulu migas di wilayah Papua, jika dibanding Maluku.

Meskipun demikian penulis feature sebanyak 53 persen juga berasal dari kontribusi wartawan asal Maluku.

“Sedangkan untuk kategori straight news 72 persen peserta lomba pemberitaan kegiatan di Maluku,” sambungnya.

Hasil penilaian juri lomba, pemenang untuk kategori Feature adalah John Nikita S dari Antara Maluku (Juara I), Tantowi Djauhari dari Teropong News (Juara II) dan Bustam dari Klik Papua menempati Juara III.

Sedangkan pemenang untuk kategori Straight News adalah Akhmad Murtadho dari Radar Sorong (Juara I),  John Nikita S dari Antara Maluku (Juara II) dan John Soplanit juga dari Antara Maluku menempati Juara III.

Para pemenang mendapatkan hadiah uang dengan jumlah total mencapai Rp75.000.000,-

“Kami ucapkan selamat kepada wartawan terbaik I, II dan III disetiap kategorinya. Namun juga diucapkan terima kasih kepada seluruh wartawan di Papua dan Maluku atas dukungan dan sinergitas yang telah diberikan bagi kelancaran operasional hulu migas di Timur Indonesia, terutama dari kontribusi liputan yang telah dihasilkan dari kegiatan SKK Migas dan KKKS Pamalu,” tukas Galih menutupi kegiatan.

Pengumuman Lomba Karya Tulis Jurnalistik 2019 ini, dilaksanakan sehari setelah penutupan kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Provinsi Papua Barat yang diselenggarakan PWI Papua Barat, sebagai bagian dari pernyataan dukungan dari industri hulu migas, yang secara terus menerus ingin turut membangun SDM di Timur Indonesia, agar dapat siap mensejajarkan kompetensi keprofesionalannya, serta dapat memenangkan kompetisi kompetisi yang ada secara nasional nantinya.

Lomba Karya Tulis Jurnalistik 2019 ini, didukung sejumlah Kontraktor KKS  yang beroperasi di Papua Barat dan Maluku yaitu PT Pertamina EP Aset 4 Papua Field, JOB PT Pertamina-PetroChina Salawati, Petrogas (Basin) Ltd, MontD’Or Salawati Ltd, BP Indonesia, Genting Oil Kasuri Pte Ltd, Inpex Masela Ltd, dan Citic Seram Energy Ltd.

(dp-19)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi