News Ticker

Lanal Saumlaki Gelar Pemantapan Wasbang Bagi Siswa se-Tanimbar dan MBD

Pangkalan TNI AL (Lanal) Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku menggelar kegiatan pemantapan Wawasan kebangsaan (Wasbang) dan rasa cinta tanah air bagi ratusan peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMA dan SMK di wilayah itu dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).
Share it:
Ratusan siswa SMA/ SMK se Tanimbar dan MBD saat mengikuti kegiatan pemantapan Wasbang dan rasa cinta tanah air yang digelar Lanal Saumlaki, Rabu (27/11/2019)
Saumlaki, Dharapos.com - Pangkalan TNI AL (Lanal) Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku menggelar kegiatan pemantapan Wawasan kebangsaan (Wasbang) dan rasa cinta tanah air bagi ratusan peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMA dan SMK di wilayah itu dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Giat berlangsung  di gedung serbaguna Lanal Saumlaki, Jln. Slamet Riyadi No. 01 Dusun Lakateru Desa Olilit Raya, Kecamatan Tanimbar Selatan, Rabu (27/11/2019).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Komandan Lanal Saumlaki, Letkol Laut (P) Hartanto, M.Tr. Hanla dan dihadiri oleh Pabandya Hankuatmas Ban VI Wiltasla Spotmar TNI AL : Letkol Laut (P) Hari Budiman, M.Tr Hanla,  Pabandya Potwiltasla Ban VI Spotmar TNI AL : Letkol laut (P) Gurtom Fartianto, Dandim 1507/Saumlaki Letkol Inf. Rahmad Soerodin, Kasatbinmas Polres MTB, Kompol Simon Manisilety,  Kasiantena Satradar 245/Saumlaki Kapten Lek Ilham Fauzi, Kajari Saumlaki Frengky Son Laku, Kadis Pendidikan KKT Drs. Herman Yoseph Lerebulan, seluruh perwira Lanal Saumlaki, para tamu undangan lainnya serta para guru pendamping peserta Cerdas Cermat Wasbang.

Acara pembukaan kegiatan itu dimeriahkan oleh penampilan tarian tradisional "Dodobol" yang dibawakan kelompok tari dari Desa Arui Das, Kecamatan Wertamrian.

Kapten Laut (P) Abzon Nizam yang bertindak sebagai ketua panitia penyelenggara melaporkan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan itu adalah UU No. 34 Tahun 2004 tentang TNI, Inpres No. 14 Tahun 2011 tentang percepatan pelaksanaan prioritas pembangunan nasional tahun 2011 dengan prioritas di bidang keamanan dan kesejahteraan masyarakat pada daerah rawan konflik.

Kemudian, Permen Menhan No. 03/M/VI/2006 tentang pedoman Pelaporan Akuntabilitas kinerja satuan kerja penguna anggaran di lingkungan Dephan dan TNI.

Selain itu, Peraturan Menhan No. 2 Tahun 2011 tentang pedoman penyusunan pelaporan Akuntabilitas kinerja instansi pemerintah di lingkungan Kemhan dan TNI, Peraturan KASAL No Perkasa I/39/VII/2011 tentang buku petunjuk induk pemberdayaan wilayah pertahanan laut serta program kerja dan anggaran Spotmar tahun 2019.

"Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah dalam rangka melaksanakan implementasi dari program Nawacita Presiden RI yaitu membangun indonesia dari pinggiran," bebernya.

Juga dimaksudkan agar generasi muda teristimewa siswa-siswi tingkat SMA dan SMK dapat memahami dan juga mengimplementasikan dalam kehidupannya sebagai anak bangsa yang berada di daerah perbatasan untuk tetap mempunyai rasa kebangsaan dan rasa cinta tanah air

Kepala Dinas Pendidikan KKT,  Herman Yoseph Lerebulan saat menyampaikan sambutan, mengapresiasi kegiatan Lanal Saumlaki.

Dia berpesan kepada para siswa dan siswi untuk disiplin waktu dan memiliki komitmen yang kuat.

Komandan Lanal saumlaki Letkol Laut (P) Hartanto, M.Tr Hanla menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program dari Staf potensi maritim (Spotmar) Mabes TNI AL yang bertujuan mewujudkan alat, ruang, kondisi yang tangguh yang di selengarakan oleh Lanal Saumlaki, serta semoga bisa terciptanya siswa dan siswi unggulan di kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya.

Hartanto menambahkan pada kegiatan selanjutnya akan dilaksanakan diskusi tentang wawasan kebangsaan, observasi sumber daya laut dan cerdas cermat wawasan kebangsaan yang akan diikuti oleh sejumlah perwakilan siswa dan siswi SMA/SMK di MBD dan Kepulauan Tanimbar.

Peserta kegiatan pemantapan Wasbang dan Cinta Tanah Air memperoleh sejumlah materi seperti: Narkotika dan Terorisme yang disampaikan oleh Kasatbinmas Polres MTB, Kompol Simon Mansilety, Kesadaran Hukum yang disampaikan oleh Kajari Saumlaki Frengy Son Laku, Bela Negara dan Radikalisme yang disampaikan oleh Pasiops Kodim 1507/Saumlaki Lettu Inf Deny Wakim,  Konservasi Penyu yang disampaikan oleh Kepala BKSDA Maluku wilayah Saumlaki, J.M. Nandisa.

Kegiatan yang dipandu Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Saumlaki ini juga dilanjutkan dengan lomba cerdas-cermat dan pemberian penghargaan bagi para pemenang berupa piala dan uang pembinaan.

(dp-45)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi