Sepekan TMMD di KKT, Pembangunan RLH Rata-rata Capai 30 – 40 Persen

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 wilayah Kodim 1507/Saumlaki di dua lokasi masing-masing Desa Bomaki dan Lermatang telah dimulai sejak 2 Oktober 2019.
Share it:
Kegiatan pengobatan gratis bagi warga Desa Bomaki yang dilayani tim medis
Saumlaki, Dharapos.com – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 wilayah Kodim 1507/Saumlaki di dua lokasi masing-masing Desa Bomaki dan Lermatang telah dimulai sejak 2 Oktober 2019.

Pembukaan berlangsung di lapangan bola Desa Lermatang, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).

Rilis Satgas TMMD 106 yang diterima media ini, melaporkan progres pembangunan fisik seperti rumah layak huni (RLH) di kedua desa hingga sepekan berjalan rata-rata telah mencapai 30 – 40 persen.

Seperti di Desa Bomaki, pembangunan RLH sebanyak 6 unit berukuran 7 x 5 meter telah mencapai 20 – 30 persen.

Kemudian, pembangunan jamban 17 unit ukuran 2 x 1,5 meter hingga saat ini progresnya mencapai 25 - 35 persen serta pembuatan saluran drainase ukuran 200 meter x 40 x 50 Cm dengan progres 92 persen.

Sedangkan di Desa Lermatang, pembangunan RLH 8 sebanyak unit berukuran 7 x 5 meter telah mencapai 35 – 45 persen, pembuatan 10 unit jamban ukuran 2 x 1,5 meter (30 – 45 persen) serta pembuatan saluran drainase ukuran 300 meter x 40 x 50 Cm (65 persen).

Personil yang dikerahkan pada giat TMMD ke 106 ini masing-masing dari TNI sebanyak 95 orang, Polri (15), Pemda  (11) dengan melibatkan masyarakat setempat lebih kurang 150 Orang

Sementara untuk kegiatan non fisik, di Desa Bomaki telah dilaksanakan pelayanan pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan dan pengenalan dasar-dasar PBB bagi siswa SD Naskat Bomaki pada 8 Oktober 2019 lalu.

Turut dihadiri Dandim 1507/Slk Letkol Inf Rahmad Saerudin, Pjs Pasiter Lettu Deni Wakim, Kepala Dinas PPA KKT Selfi E. Hukubun, S.Sos, Kabid PMD KKT Helen Tomahu dan sejumlah perwakilan institusi serta perangkat desa setempat.

Bertempat di Balai Desa Bomaki, di laksanakan penyuluhan KB Kesehatan, Perlindungan Perempuan dan Anak oleh Kadis PPA KKT Selfi E. Hukubun, S, Sos.
Warga desa Bomaki yang hadir dalam giat tersebut mencapai 130 orang.

Dalam kegiatan pelatihan dasar PBB oleh Serda Robert dari Koramil 1507-2/ Saumlaki, dalam kegiatan tersebut antusias para siswa sangat tinggi dan merasa sangat bangga dapat mengikuti kegiatan tersebut yang di latihkan oleh anggota TNI.

Begitu pun dari pihak guru sangat berterima kasih dapat membantu membimbing siswa nya dalam pengetahuan baris bebaris. Dalam kegiatan tersebut berjalan dengan tertib dan aman.

Kemudian, bertempat di Balai Desa, Kec.Tansel, Kab. Kepulauan Tanimbar, di laksanakan penyuluhan KB Kesehatan, Perlindungan Perempuan dan Anak. Pemberian materi oleh Kadis PPA KKT Selfi. E Hukubun S, Sos.

Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan pengobatan gratis bagi warga yang dilayani tim medis dari Bakes Kodim 1507/Slk Serka M Mareng, Basikes 734/SNS Sertu S Kasale.

Dalam kegiatan baik penyuluhan maupun pengobatan gratis tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman serta membantu warga masyarakat desa yang sedang dalam keadaan sakit, di sekitar lokasi TMMD.

Selain itu, dengan adanya pengobatan gratis yang berlangsung di Desa Bomaki, tentu sangat membantu mengingat di desa tersebut sangat minim pelayanan medis baik fasilitas kesehatan maupun tenaga medis.

Diharapkan pula, melalui kegiatan non fisik TMMD ini dapat meningkatkan kesadaran hidup sehat dan mencegah penyakit dengan hidup bersih serta menghindari kekerasan dalam rumah tangga.

Dengan demikian meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mengurangi terjadinya permasalahan yang datang.

(dp-18)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi