Lanal Saumlaki Tanam 5.000 Pohon Mangrove.

Pangkalan TNI AL (Lanal) Saumlaki di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) melakukan penanaman 5.000 anakan pohon mangrove atau bakau di seputaran pelabuhan perikanan Ukur Laran, Desa Lauran, Kecamatan Tanimbar Selatan, Senin (7/10/2019)
Share it:
Aksi penanaman 5.000 anakan pohon mangrove atau bakau di seputaran pelabuhan perikanan Ukur Laran, Desa Lauran, Kecamatan Tanimbar Selatan, Senin (7/10/2019)

Saumlaki, Daharapos.com - Pangkalan TNI AL (Lanal) Saumlaki di  Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) melakukan penanaman 5.000 anakan pohon mangrove atau bakau di seputaran pelabuhan perikanan Ukur Laran, Desa Lauran, Kecamatan Tanimbar Selatan, Senin (7/10/2019).

Kegiatan penanaman ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT TNI ke 74 yang diikuti oleh lebih kurang 5000 peserta yang terdiri dari 1SSK prajurit Lanal Saumlaki, 1 SSK Prajurit Kodim 1507/Saumlaki,  1 SSK prajurit Batalyon 374/SNS, 1 SSK Satuan Radar 245/Nifmasbulur, 1 SSK Polre MTB, 1 SSK Kompi 3 Yon C Pelopor Brimob Polres MTB, dan 1 SSK gabungan SKPD Kepulauan Tanimbar.

Juga, masyarakat Desa Lauran, Nelayan Saumlaki, Saka Bahari Lanal Saumlaki, dan mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Saumlaki.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Sekretaris Daerah KKT Piterson Rangkoratat, Danlanal Saumlaki, Letkol Laut (P) Hartanto,M.Tr.Hanla, Dandim 1507 Saumlaki, Letkol Inf.Rahmad Saerodin, Dansatradar 245 Nifmasbulur, Letkol Lek Gatot Waseso, Kapolres MTB AKBP. Andre Sukendar, serta perwira dari Kodim, Polres, Lanal, Batalyon Infanteri 734, pimpinan instansi vertikal dan pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) KKT.

Kapten Laut Apson yang bertindak sebagai ketua penyelenggara dalam laporannya menyatakan, kegiatan penanaman pohon mangrove ini sebagai bagian dari rencana penanaman 300.074 pohon mangrove yang akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia oleh TNI AL sekaligus memecahkan rekor Muri.

Foto bersama disela-sela aksi penanaman 5000 anakan pohon mangrove
"Penanaman pohon mangrove ini  bertujuan untuk penanggulangan pantai bagi masyarakat kabupaten Kepulauan Tanimbar sehingga tidak terjadi abrasi," sambungnya.

Danlanal Saumlaki, Letkol. Laut (P) Hartanto M.tr. Hanla, menjelaskan pula bahwa penanaman mangrove ini masih merupakan rangkaian kegiatan memperingati HUT TNI ke 74, dengan tema "Selamatkan Bumi untuk Anak Cucu Kita".

"Melalui penanaman mangrove ini, mari kita selamatkan bumi kita! Mari kita selamatkan garis pantai, dan mari kita selamatkan biota laut yang kelak akan dinikmati oleh anak cucu kita," imbuhnya.

Selaku Danlanal Saumlaki, dirinya berterimakasih atas kehadiran dan partisipasi dari seluruh instansi maupun masyarakat dan nelayan dalam kegiatan itu.

Bupati KKT yang diwakili Sekda Piterson Rangkoratat menyambut baik kegiatan penanaman yang diinisiasi oleh TNI AL.

"Penanaman mangrove yang  dilakukan ini sesungguhnya juga dalam rangka melestarikan lingkungan alam sekitar kita dan sangat penting bagi kehidupan biota laut," sambungnya.

Ia mengajak masyarakat untuk terus bersinergi dengan TNI dalam melakukan berbagai kegiatan pelestarian alam.

(dp-45)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi