News Ticker

Bupati Tanimbar dan Ketua TP PKK Tanam Perdana Cabai Dewata Di Kabyarat

Saumlaki, Dharapos.com - Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), ibu Jois M.Penturi Fatlolon, melakukan penanaman perdana cabai varietas dewata di lahan milik kelompok Tani Katutuan desa Kabiarat, kecamatan Tanimbar Selatan, Jumat (6/9). Kepala Dinas Pertanian KKT, Reinhard Matatula dalam laporannya menyampaikan bahwa tanaman cabai ini akan ditanam di sepuluh kecamatan dengan total lahan 20 ha. Jenis tanaman ini akan menggunakan pupuk organik. Bantuan benih serta pupuk diperoleh dari dana Tugas Pembantuan (TP) Satker Dinas Pertanian Provinsi Maluku untuk tujuh belas kelompok tani di KKT. Dijelaskan pula bahwa sistem penanaman akan diatur luasannya secara bergilir untuk mengatur produksi cabai sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi setiap saat dan juga mencegah terjadinya penumpukan di pasar. Bupati Petrus Fatlolon dalam sambutannya mengapreseasi para petani di kepulauan Tanimbar yang telah bekerja keras membantu Pemerintah Daerah untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, terlebih khusus bagi kelompok Tani Katutuan dibawah pimpinan Boy Luturmele. Kelompok ini dipuji oleh Bupati karena memiliki lahan seluas dua hektar yang ditanami dengan berbagai jenis sayuran. Bupati juga mengapreseasi Dinas Pertanian KKT yang telah bekerja keras melakukan pendampingan kepada para kelompok tani. “Pemerintah Daerah tidak menutup mata terhadap kerja-kerja keras yang telah dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar. Kedepan kita akan memberikan perhatian lebih kepada para kelompok tani khususnya bagi kelompok yang telah menunjukan bukti nyata” janjinya. Bupati juga berharap agar Dinas Pertanian bisa menggerakan kelompok-kelompok tani yang baru dengan meniru kelompok-kelompok tani yang sudah berhasil agar daerah ini akan maju melalui sektor pertanian, karena selain memenuhi kebutuhan pasar, hasil pertanian ini juga dapat mendorong peningkatan kesejahteraan keluarga para petani. Bupati mengingatkan bahwa saat Blok Masela beroperasi di daerah ini tentunya kebutuhan sayur mayur akan meningkat tajam. Oleh karena itu peluang di bidang pertanian ini sangat besar dan menjanjikan bagi para kelompok tani. Dia juga berharap agar lahan milik kelompok tani Katutuan ini dapat dikembangkan menjadi agrowisata, apalagi letaknya yang tidak jauh dari jalan utama menuju kota Saumlaki dan sudah mulai menggunakan sentuhan teknologi untuk pengelolaan lahan dan pemeliharaan tanaman. Setelah sambutan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan saprodi kepada para kelompok tani secara simbolis dan dilanjutkan dengan penanaman bibit cabai pada lahan yang telah disediakan. (DP - 47)
Share it:

Saumlaki, Dharapos.com - Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), ibu Jois M.Penturi Fatlolon, melakukan penanaman perdana cabai varietas dewata di lahan milik kelompok Tani Katutuan desa Kabiarat, kecamatan Tanimbar Selatan, Jumat (6/9).

Kepala Dinas Pertanian KKT, Reinhard Matatula dalam laporannya menyampaikan bahwa tanaman cabai ini akan ditanam di sepuluh kecamatan dengan total lahan 20 ha. Jenis tanaman ini akan menggunakan pupuk organik.

Bantuan benih serta pupuk diperoleh dari dana Tugas Pembantuan (TP) Satker Dinas Pertanian Provinsi Maluku untuk tujuh belas kelompok tani di KKT.

Dijelaskan pula bahwa sistem penanaman akan diatur luasannya secara bergilir untuk mengatur produksi cabai sehingga kebutuhan masyarakat  dapat terpenuhi setiap saat dan juga mencegah terjadinya penumpukan di pasar.

Bupati Petrus Fatlolon dalam sambutannya mengapreseasi para petani di kepulauan Tanimbar yang telah bekerja keras  membantu Pemerintah Daerah untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, terlebih khusus bagi kelompok Tani Katutuan dibawah pimpinan Boy Luturmele.

Kelompok ini dipuji oleh Bupati karena memiliki lahan seluas dua hektar yang ditanami dengan berbagai jenis sayuran. Bupati juga mengapreseasi Dinas Pertanian KKT yang telah bekerja keras melakukan pendampingan kepada para kelompok tani.

“Pemerintah Daerah tidak menutup mata terhadap kerja-kerja keras yang telah dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar. Kedepan kita akan memberikan perhatian lebih kepada para kelompok tani khususnya bagi kelompok yang telah menunjukan bukti nyata” janjinya.

Bupati juga berharap agar Dinas Pertanian bisa menggerakan kelompok-kelompok tani yang baru dengan meniru kelompok-kelompok tani yang sudah berhasil agar daerah ini akan maju melalui sektor pertanian, karena selain memenuhi kebutuhan pasar, hasil pertanian ini juga dapat mendorong peningkatan kesejahteraan keluarga para petani.

Bupati mengingatkan bahwa saat Blok Masela beroperasi di daerah ini tentunya kebutuhan sayur mayur akan meningkat tajam. Oleh karena itu peluang di bidang pertanian ini sangat besar dan menjanjikan bagi para kelompok tani.

Dia juga berharap agar lahan milik kelompok tani Katutuan ini dapat dikembangkan menjadi agrowisata, apalagi letaknya yang tidak jauh dari jalan utama menuju kota Saumlaki dan sudah mulai menggunakan sentuhan teknologi untuk pengelolaan lahan dan  pemeliharaan tanaman.

Setelah sambutan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan saprodi kepada para kelompok tani secara simbolis dan dilanjutkan dengan penanaman bibit cabai pada lahan yang telah disediakan.

(DP - 47)
Share it:

Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi