HUT RI di Malra Diwarnai Kirab Kemerdekaan dan Kebangsaan

Kirab Kemerdekaan dan Kebangsaan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) digelar di Langgur, Jumat (16/8/2019).
Share it:
Peserta Kirab Kemerdekaan dan Kebangsaan di Malra mengusung bendera Merah Putih sepanjang 500 meter
Langgur, Dharapos.com – Kirab Kemerdekaan dan Kebangsaan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) digelar di Langgur, Jumat (16/8/2019).

Pantauan media ini, pasukan kirab dilepas Bupati Malra, M. Thaher Hanubun.

Turut mendampingi, Wakil Bupati Petrus Beruatwarin, pimpinan DPRD Malra, perwakilan Lanud Dumatubun, Lanal Tual serta pimpinan BUMN/BUMD.

Dalam arahannya, Hanubun menegaskan pentingnya memiliki dan menanamkan semangat kebangsaan dan cinta kepada tanah air.

“Kirab ini juga untuk memperlihatkan kepada bangsa dan negara lain, bahwa kita adalah bangsa yang besar sampai ke pelosok-pelosok di seluruh Indonesia termasuk didalamnya adalah Maluku Tenggara, Kei tercinta,” cetusnya.

Menariknya, dalam kirab Kemerdekaan dan Kebangsaan ini terlihat bendera Merah Putih sepanjang 500 meter diusung oleh anak-anak SD dengan menggunakan pakaian adat dari seluruh provinsi di Indonesia ditambah dengan komponen-komponen pemuda yang ada di Malra.

Selain bendera ratusan meter tersebut, pasukan kirab yang terdiri dari para siswa-siswi SD (10 sekolah), SMP (9 sekolah), SMA (3 sekolah), tiap-tiap OPD, ibu-ibu PKK, kelompok pemuda diantaranya Pemuda Elite, Pemuda Watdek serta kelompok masyarakat lainnya mengusung bendera merah putih sepanjang 10 meter tiap pasukan.

Total panjang bendera merah putih yang diusung dan dibentangkan dalam Kirab Kebangsaan dan Kemerdekaan tersebut yakni  2010 meter.

Kegiatan akbar tersebut menjadi pusat perhatian dan tontotan menarik bagi masyarakat, pejalan kaki dan pengguna kendaraan yang melewati ruas-ruas jalan yang dilalui pasukan kirab.

Sepanjang jalan yang dilalui oleh pasukan kirab dipadati warga masyarakat, yang berlomba-lomba untuk mengabadikan momen bentangan bendera Merah Putih sepanjang 500 meter yang diusung oleh anak-anak SD dan para pemuda di wilayah itu.

Tak ketinggalan, atraksi Drum Band siswa-siswi tingkat SD hingga SMA diantaranya SD Mathias 1 A Langgur, SD Mathias III A Langgur, SMP Budhi Mulia Langgur, SMP St. Theresia Langgur, SMA Seminari St. Yudas Thadeus Langgur dan Drumb Band SMK Siwa Lima Langgur menambah semarak dan meriahnya kirab Kemerdekaan dan Kebangsaan yang baru pertama kalinya digelar di kabupaten yang bersemboyan Bumi Larvul Ngabal tersebut.

Dengan berjalan kaki, pasukan kirab melakukan long march dengan titik star di halaman Kantor Camat Kei Kecil, dan finish di depan Kantor DPRD Malra.

(dp-49)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi