4 Perwira Polres MTB Resmi Tempati Posisi Baru

Sebanyak empat perwira Kepolisian Resort Maluku Tenggara Barat (MTB) hari ini, Senin (10/6/2019) resmi tempati posisi baru usai menjalani serah terima jabatan (Sertijab).
Share it:
Kapolres AKBP Andre Sukendar saat memimpin prosesi Sertijab di lingkup Polres MTB, Senin (10/6/2019) 
Saumlaki, Dharapos.com - Sebanyak empat perwira Kepolisian Resort Maluku Tenggara Barat (MTB) hari ini, Senin (10/6/2019) resmi tempati posisi baru usai menjalani serah terima jabatan (Sertijab).

Ke 4 pejabat itu antara lain, Kasat Reskrim yang ditempati pejabat baru AKP Kahardani menggantikan pejabat lama IPTU Jonathan Soetrisno

Kemudian, Kasat Tahti ditempati pejabat baru IPDA Clemens Warawarin menggantikan pejabat lama IPDA Florentinus Masriat.

Selanjutnya, Kapolsek Saumlaki ditempati pejabat baru IPTU Ricardus Apalubana menggantikan pejabat lama IPTU Egidio Sumilat, serta Kapolsek Larat yang dijabat IPTU Edwin Weridity menggantikan pejabat lama IPTU Ricardus Apalubana kepada.

Bertindak selaku inspektur upacara, Kapolres AKBP Andre Sukendar, Perwira Upacara Kasat Binmas AKP Simon.A.Manisilety, dan Komandan Upacara Ka SPKT IPDA O.Batlayeri.

Dalam sambutannya Kapolres menyatakan arah kebijakan dan strategi pimpinan Polri khususnya di bidang pengembangan sumber daya manusia mengharuskan dilakukannya peningkatan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh setiap Insan Bhayangkara.

Dimana hal itu tertuang dalam Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002.

"Oleh sebab itu, mutasi jabatan di lingkungan organisasi Polri sangat diperlukan untuk menjaga dinamisasi dan dalam rangka penyegaran bagi para anggota guna terwujudnya Polri yang lebih profesional," urainya.

Di samping itu juga, sebagai penghargaan kepada personil Polri yang telah menunjukkan prestasi kerja yang baik dalam menciptakan suasana ketertiban, ketentraman dan keamanan di tengah-tengah masyarakat serta dalam peningkatan pembinaan kesatuan.

Lanjut Kapolres, kemampuan dan keterampilan yang didukung oleh latar belakang pendidikan akan terus diuji dalam memahami, menganalisa, dan merencanakan kegiatan yang menentukan serta cara bertindak yang cepat, tepat dan terukur guna menyelesaikan suatu permasalahan yang terjadi.

Keselarasan cara bertindak harus dilatarbelakangi oleh penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi kepolisian serta ilmu-ilmu terapan lainnya.

"Tuntutan terhadap adanya perubahan tingkat pelayanan publik dan kinerja aparatur Pemerintah termasuk institusi Polri mengakibatkan dilakukannya segala perubahan kebijakan Pemerintah dan produk hukum yang berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat yang senantiasa menimbulkan pro dan kontra dalam pelaksanaannya,” sambungnya.

Pada kondisi yang demikian, menyebabkan suatu keadaan yang dilematis terhadap tugas pokok Polri di bidang keamanan dalam negeri, yaitu sebagaimana memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, memberi perlindungan pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, serta melakukan penegakan hukum.

Sehingga menimbulkan anggapan adanya keberpihakan Polri kepada suatu institusi atau badan yang berseberangan dengan masyarakat yang pada akhirnya menimbulkan perbedaan persepsi terhadap bentuk-bentuk pelayanan Polri.

Dan pada kondisi yang lebih ekstrim lagi dapat menimbulkan suatu benturan fisik antara Polri dan masyarakat hingga menyebabkan korban baik material maupun jiwa.

"Melihat pada proyeksi bentuk gangguan kamtibmas tersebut maka tantangan tugas Polri ke depan senantiasa semakin berat dan kompleks. Hal ini selaras dengan perkembangan dinamisme masyarakat yang memiliki kecenderungan meningkat," tambahnya lagi.

Diakui Kapolres, wilayah hukum Polres MTB cukup kondusif meskipun masih ada permasalahan yang terjadi di masyarakat khususnya sengketa tanah dan miras atau penyakit masyarakat lainnya.

Oleh karena itu, perlu ditingkatkan pembinaan dan pembenahan-pembenahan yang berkesinambungan.

"Saya berharap bahwa kepada pejabat yang baru agar segera menyusun strategi pengamanan dalam rangka menghadapi pelantikan Legislatif, Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2019 sehingga tugas pokok Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban, menegakkan hukum dan memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dapat dilakukan dengan maksimal," tegasnya.

Secara pribadi dan mengatasnamakan pimpinan Polres MTB, Kapolres juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap inovasi, dedikasi dan loyalitas yang telah berikan kepada Polres MTB dari para pejabat yang lama.

(dp-47)
Share it:

Hukum dan Kriminal

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi