Wagub Maluku Minta Daerah Pertahankan Kearifan Lokal

Share it:
Wagub Barnanas N. Orno saat acara Maluku Mural Festival bertempat di Pattimura Park, Kota Ambon, Rabu (9/5/2019)
Ambon, Dharapos.com - Kearifan lokal yang di miliki masing-masing kabupaten/kota di Maluku hendaklah dipertahankan sebagai pemersatu masyarakat.

Mengingat kearifan lokal itu sendiri juga merupakan stabilisator keamanan daerah. Sekaligus membentuk karakter manusia itu sendiri.

"Kegiatan seni seperti ini bagus sekali dalam menghaluskan jiwa manusia," ungkap Wakil Gubernur Maluku Barnanas N. Orno pada acara Maluku Mural Festival bertempat di Pattimura Park, Kota Ambon,  Rabu(9/5/2019).

Ia mencontohkan bagaimana kearifan lokal suatu daerah sangat penting bagi keberlangsungan hidup masyarakat.

Dan itu terbukti dengan terciptanya situasi yang tenteram dimana tidak adanya pertikaian tetapi sikap saling menghormati dari yang muda kepada yang tua.

"Begitu juga adik kepada kakak," tukas Orno.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum dan HAM Setda Maluku, Hendry Far Far dalam sambutannya berharap lewat kegiatan Maluku Mural Festival ini masyarakat diharapkan peduli dan memahami serta mendapat bekal yang memadai dalam mengimplementasikan aksi hak asasi manusia secara efektif dan efisien.

"Serta juga, mengetahui kebutuhan hukum dan hak asasi manusia dalam hal ini masyarakat adat itu sendiri," tandasnya.

Pantauan media ini, kegiatan Maluku Mural Festival ini diikuti komunitas seni, perupa dan komunitas vans Alifuru  serta kelompok lainnya.

(dp-19) 
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi