Puasa Jadi Sarana Perkuat Tali Persaudaraan di Maluku

Lewat ibadah puasa yg dijalankan oleh umat Muslim tentunya ini menjadi sarana dalam memperkuat tali persaudaraan di bumi Maluku.
Share it:
Wakil Gubernur Maluku,  Barnabas N. Orno
Ambon,  Dharapos.com - Lewat ibadah puasa yg dijalankan oleh umat Muslim tentunya ini menjadi sarana dalam memperkuat  tali persaudaraan di bumi Maluku.

"Semoga melalui ibadah puasa ini lebih mempererat hubungan persaudaraan masyarakat Maluku," ungkap Wakil Gubernur setempat, Barnabas N. Orno pada acara Ramadhan Nusantara di Santika Hotel, Selasa (7/5/2019).

Menurutnya, Ramadhan kali ini memberikan makna tersendiri  bagi Pemerintah Provinsi bersama masyarakat Maluku menjaga tali persaudaraan dan silahturahmi di daerah ini.

"Lewat puasa ini kita dapat menjaga hubungan pela - gandong"  tukas Orno.

Sementara itu, Ustad Syarifudin M  dalam ceramahnya menekankan, bulan puasa ini mengajarkan umat Muslim tentang kedisplinan.

"Tentunya cara ini harus  ditransformasikan guna menjadi peradaban serta kebudayaan," dorongnya.

Juga, dengan puasa ini manusia menertibkan batin dan pikirannya sehingga tidak melakukan perbuatan tercela yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

"Hikmah puasa itu berasal dari kata menahan untuk tidak melakukan segala sesuatu yang mendatangkan kemudaratan atau negatif untuk diri sendiri dan orang lain. Itu isi dari puasa," tegas Ustad Syarifudin.

Ditambahkan pula, cara pandang orang yang berpuasa akan berbeda dengan yang tidak melakukannya.

"Hal ini dikarenakan makna dan nilai dari puasa itu sendiri akan memberikan damai dan hati yang baru," pungkasnya.

Pantauan media ini, acara tersebut juga diisi pertunjukan kesenian tari daerah, seperti tari zaman dari Aceh dan door prize yg diadakan pihak hotel.

(dp-19)
Share it:

Berita Pilihan Redaksi

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi