News Ticker

PAM Pemilu, TNI AL Siagakan KRI Teluk Cendrawasih di Tanimbar

TNI AL wilayah Komando Armada III yang berpusat di Sorong, Papua Barat akhirnya mengerahkan KRI Teluk Cendrawasih dengan nomor lambung 533 untuk membantu pengamanan Pemilu 2019 di wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Provinsi Maluku.
Share it:
KRI Teluk Cendrawasih sementara merapat di Pelabuhan Saumlaki, KKT
Saumlaki, Dharapos.com -  TNI AL wilayah Komando Armada III yang berpusat di Sorong, Papua Barat akhirnya mengerahkan KRI Teluk Cendrawasih dengan nomor lambung 533 untuk membantu pengamanan Pemilu 2019 di wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Provinsi Maluku.

Komandan TNI AL Pangkalan (DanLanal) Saumlaki, Letkol Laut Hartanto,M.Tr.Han menyatakan, kedatangan KRI Teluk Cendrawasih dalam rangka Operasi Benteng Paus-19.

Operasi ini dilakukan berdasarkan laporan pihaknya terkait situasi potensi ancaman pasca Pemilu 17 April 2019 di KKT.

"Kami hanya memantau proses saja. Jika ada Pemilu susulan, tugas kami adalah ada dibelakang mengantisipasi jika terjadi sesuatu. Kami selalu pantau dan melaporkan potensi ancaman. Nah, salah satu respons atasan kami adalah mengirim kapal ke Saumlaki," bebernya.

Ancaman kerawanan yang dimaksudkan oleh DanLanal adalah bisa berpotensi dari tingkat pengarahan massa.

Tentang pelibatan unsur TNI menurut dia sangat  tergantung jika ada permintaan dari Polri.

"Kemarin pada saat distribusi logistik Pemilu, saya siapkan kendaraan darat termasuk kapal. Kami tetap siap jika ada permintaan bantuan," katanya.

Komandan KRI Teluk Cendrawasih 533, Mayor Laut (P) Nur Farid syariffudin,SH menyatakan kapal ini disiagakan untuk PAM Pemilu, terutama mengantisipasi evakuasi logistik Pemilu.

KRI ini akan berlabuh di Saumlaki hingga situasi dan kondisi wilayah itu dinyatakan aman terkendali dan hingga ada perintah atau komando atasan.

Setelah dari Saumlaki, KRI akan terus melakukan patroli wilayah III yang meliputi wilayah perairan perbatasan Australia dan Timor Leste hingga sebelah utara dan sebelah Timor Papua dan Papua Barat.

Dia juga menyebutkan bahwa pada Guspurla, ada juga pesawat tempur yang disiagakan untuk mengangkut pasukan perkuatan jika ada ekskalasi dan permintaan perkuatan pasukan.

Sementara itu, Asisten Operasional Guspurla Armada III, Kolonel Laut (P) Ari Krisdayanti, M. Tr. Hanla menjelaskan wilayah Armada III yang  meliputi dari Papua sampai Ternate, secara umum kondusif dan tidak ada hal menonjol hingga anarkis.

Meski demikian, dia menyebutkan bahwa  wilayah Tanimbar merupakan wilayah yang tingkat kerawanannya  perlu diantisipasi.

Mantan DanLanal Saumlaki ini menilai kesiapan TNI-Polri di Ko Armada III secara umum baik karena semenjak beberapa bulan lalu telah dilakukan Latihan Pra Tugas untuk Pengamanan Pemilu sampai ke tingkat Pangkalan Laut TNI AL (Lanal).

"Terkait hal-hal yang menciderai Pemilu maka kami pastikan bahwa Lanal, kapal dan seluruh personil TNI sangat siap untuk mendukung Polri dalam pengamanan. Sangat siap berarti dari sisi personil, material dan sisi metode kami sudah siap karena sudah dilatih sebelumnya," tandasnya.

Turut hadir bersama rombongan saat itu, Paban Analev intel Guspurla armada III Letkol Laut (T)  Suhardi.

(dp-18)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi