DPP HKY Kenalkan Caleg Asal Desa Olilit Kepada Umat

Dewan Pastoral Paroki (DPP) Hati Kudus Yesus (HKY) Olilit Barat di Desa Olilit, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) menyelenggarakan kegiatan perkenalan dan penyampaian visi maupun misi Calon Anggota Legislatif (Caleg) asal Olilit Raya (Olilit Barat dan Olilit Timur – red) yang bertempat di Balai desa setempat, Minggu (7/4/2019).
Share it:
Para Caleg asal Olilit Raya yaitu Olilit Barat dan Olilit Timur saat diperkenalkan kepada umat
Saumlaki, Dharapos.com - Dewan Pastoral Paroki (DPP) Hati Kudus Yesus (HKY) Olilit Barat di Desa Olilit, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) menyelenggarakan kegiatan perkenalan dan penyampaian visi maupun misi Calon Anggota Legislatif (Caleg) asal Olilit Raya (Olilit Barat dan Olilit Timur – red) yang bertempat di Balai desa setempat, Minggu (7/4/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh 22 Caleg KKT Daerah Pemilihan Tanimbar Selatan dan Wertamrian, masing-masing Marthinus Batsire (Gerindra), Leonardus Teftutul (PKB), Maria Snyeramwain (PKS), Damianus Batfutu (Nasdem), dan Bernardus Buardalam (PKS). 

Kemudian, Fransiskus Rangkore (Golkar), Mathias Koisine (Garuda), Soter Batsire (Nasdem), Wasti Sofia Kuway (Hanura), Petrus Balak (PDIP), Timotheus Futwenbun (PAN), Alan Benediktus Yoseph Futwembun (PSI), Adiana Malisngoran (Nasdem), dan Marsianus Fanumby (PDIP).

Selanjutnya, Christina Utukaman (Demokrat), Yulius Batmomolin (PSI), Stanislaus Leliaman (PKB), Thomas Maturbongs (PAN), Virgia Andrea Werembinan (PDIP), Ivonila Sinsu (PKB), Elisabet A. Salembun (PDIP), serta Paskalis Kempirmase (Nasdem).

Turut hadir pula dua Caleg Provinsi Maluku Daerah Pemilihan (Dapil) Maluku Tenggara Barat - Maluku Barat Daya yakni Robertus Romrome (PKS) dan Andreas Werembinan Taborat (PDIP).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Pastor Paroki HKY Olilit Barat, RD. Matheus Bwariat dan disaksikan oleh ribuan umat dan masyarakat dari Paroki HKY Olilit Barat maupun dari Paroki Ratu Rosario Suci Olilit Timur.

“Kegiatan ini adalah salah satu program kerja DPP HKY. Gereja tidak mengklaim agar umat memilih Caleg tertentu, tetapi mengadakan tatap muka ini agar mereka memperkenalkan diri kepada umat dan masyarakat Olilit, karena kita belum tau seperti apa pandangan dan motivasi mereka untuk mencalonkan diri sebagai wakil umat dan masyarakat di parlemen jika saatnya terpilih,” ungkapnya.

Selain memperkenalkan para caleg kepada umat dan masyarakat, kegiatan ini juga diharapkan akan memudahkan pemilik hak suara untuk cerdas dalam menentukan wakilnya pada Pilcaleg 17 April 2019 mendatang.  

RD. Matheus Bwariat saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan
RD. Bwariat juga menyatakan, selain itu, umat lebih konsen untuk saatnya nanti hanya memilih caleg asli yang berasal dari Olilit Barat dan Olilit Timur. 

Hal ini perlu didorong karena berdasarkan pengalaman Pemilu legislatif periode-periode sebelumnya, jumlah Anggota DPRD KKT asli desa Olilit terbilang hanya satu hinggga dua orang, padahal desa yang berada di selatan Kota Saumlaki ini memiliki jumlah pemilih lebih dari 4,000 orang.

Berdasarkan pantauan, giat temu Caleg dengan umat dan masyarakat Olilit raya ini dimoderatori oleh Yoseph Fase, Mantan Wakil Ketua DPRD MTB.

Kegiatan ini dibagi dalam dua tahap. Pada bagian pertama, para caleg diberikan waktu selama lima menit untuk memperkenalkan diri, termasuk memperkenalkan calon Presiden dan Wakil Presiden dari partainya.

Sementara di tahap kedua, para Caleg diberikan waktu yang sama pula untuk menjawab pertanyaan moderator seputar visi dan misi membangun Olilit dalam dalam berbagai aspek dan kepentingan Gereja jika terpilih sebagai wakil rakyat.

Sejumlah hal menjadi target para kontestan untuk diperjuangkan nantinya saat terpilih seperti: persoalan pemerataan pembangunan, kesejahteraan buruh, peningkatan ekonomi masyarakat, pentingnya regulasi yang sesuai untuk menekan tingginya angka pengangguran, mempercepat proses perijinan di daerah hingga maksimalisasi tugas dan pengawasan DPRD terhadap penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik dan pembangunan di daerah julukan Duan-Lolat itu.

Sebelum menutup kegiatan, Pastor Matheus mengharapkan agar umat di wilayah itu tidak golput melainkan menggunakan hak suaranya dengan cerdas dan tepat, sehingga Pemilu 2019 benar benar menghasilkan wakil rakyat yang berkualitas dan dapat dipercaya.

(dp-18)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi