Termiskin Ketiga, Kecamatan Selaru Dapat Banyak Bantuan RLH

Salah satu penyebab tingginya angka kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KT) adalah masih banyaknya rumah penduduk yang tidak layak huni.
Share it:
Peta Kabupaten Kepulauan Tanimbar 
Saumlaki, Dharapos.com - Salah satu penyebab tingginya angka kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KT) adalah masih banyaknya rumah penduduk yang tidak layak huni. 

Kecamatan Selaru berada di peringkat ketiga penyumbang kemiskinan di daerah ini.

Berkaitan dengan itu, Pemerintah Daerah melalui Dinas Perumahan Rakyat melakukan bedah rumah pada 7 Desa di kecamatan itu.

Adapun wilayah yang mendapat jatah bedah rumah baru masing-masing 2 unit yaitu Desa Adaut, Kandar, Lingat, Namtabung, Fursui, Werain dan Eliasa. 

Salah satu keluarga yang telah lama menempati rumah papan beratap daun rumbia di desa Kandar mengaku sangat bersyukur bisa mendapatkan bantuan dari Pemda setempat. 

"Kami 7 orang tinggal dalam rumah ini. Kami senang sekali bisa mendapatkan bantuan rumah dari Pemerintah daerah. Terima kasih Bapak Bupati dan para pegawai yang sudah bantu kerja rumah kami,” ucap Andarias Terlalu dan istrinya Feronika Tingloi.

Sementra untuk bantuan stimulan Perumahan Swadaya Masyarakat yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2019, Kecamatan Selaru sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan Raker Pemdes 2019, masing-masing desa juga mendapatkan bantuan rumah diantaranya Desa Adaut sebanyak 25 unit rumah baru dengan jumlah dana Rp875.000.000,- dan 30 unit rumah peningkatan kualitas (Rehab) dengan total anggaran Rp525.000.000,-

Kemudian Desa Kandar sebanyak 37 unit yang direhab dengan total anggaran Rp647.000.000, dan Desa Lingat 37 unit rumah yang direhab dengan total anggaran yang sama dengan desa Kandar.

Selanjutnya, Desa Namtabung ada 30 unit rumah yang direhab dengan total anggaran Rp525.000.000. 

Ada juga desa Watidal, di Kecamatan Tanimbar Utara mendapatkan alokasi dana sebanyak Rp612.000.000 untuk merehab 25 unit Rumah.

Seusai mendengar sambutan Bupati, Kades Ritabel menyatakan rasa bahagianya kepada Dinas PMD KT karena telah menunjuk Desa Kandar sebagai tempat Raker Pemdes 2019.

"Seluruh Pemerintah desa di kepulauan Tanimbar, kami mencintai negeri ini. Kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati dan Dinas PMD yang sudah meracik kegiatan ini. Jujur saja, karena kegiatan ini kami orang Tanimbar di kecamatan lain bisa menginjakan kaki di tanah Selaru ini. Semoga kegiatan-kegiatan serupa bisa dilakukan di Kecamatan Tanimbar Utara, Molo Maru dan lain-lain,” ucapnya.

Sesuai janji Bupati, tak hanya pada kegiatan Raker, tapi Musrembang dan kegiatan-kegiatan lain, semua desa yang jauh akan mendapatkan giliran dikunjungi oleh para Kades se Kabupaten Kepulauan Tanimbar.  

(dp-47)
Share it:

Maluku Tenggara Barat

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi