Pertamina Hadirkan BBM Satu Harga di Aru Utara

PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII kembali menjalankan program BBM Satu Harga di Kepulauan Aru, Provinsi Maluku.
Share it:
Peresmian SPBU Kompak 86.976.09 yang berlokasi di Desa Kolamar Kecamatan Aru Utara, Kabupaten Kepulauan Aru, Selasa (26/3/2019)
Dobo, Dharapospapua.com - PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII kembali menjalankan program BBM Satu Harga di Kepulauan Aru, Provinsi Maluku.

Hal itu ditandai dengan peresmian SPBU Kompak 86.976.09 yang berlokasi di Desa Kolamar Kecamatan Aru Utara, Selasa (26/3/2019).

Hadir dalam peresmian tersebut adalah Kepala Balitbang Kementrian ESDM, Dadan Kusdiana, Anggota Komisi VII DPR RI, Mercy Christy Barends, Bupati Kepulauan Aru, dr. Johan Gonga, Sales Executive Retail Wilayah Ambon MOR VIII PT Pertamina (Persero), Galih Pradipto, Kapolres Aru, AKBP Adolof Bormasa, serta Danlanal Aru, Letkol Laut (P) Sahatro Silaban.

Unit Manager Communication, Relations & CSR MOR VIII PT Pertamina (Persero), Brasto Galih Nugroho menjelaskan Peresmian BBM Satu Harga SPBU Kompak 86.976.09 ini merupakan komitmen Pertamina untuk menyediakan energi yang berkeadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia, terutama di wilayah Kepulauan Aru dan telah beroperasi sejak 2018.

"Titik BBM Satu Harga Kecamatan Aru Utara ini telah melakukan uji operasi sejak 29 September 2018, dan merupakan 1 dari 5 titik yang telah beroperasi di wilayah Maluku sejak 2017 dan 2018,” terangnya.

Di 2019 ini, akan dilengkapi 3 titik lainnya, yakni di wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya 2 titik dan Seram Bagian Timur 1 titik.

Brasto berharap kehadiran titik BBM Satu Harga ini memberi dampak positif di bidang ekonomi dan sosial bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Aru Utara dan wilayah sekitarnya terutama untuk kelancaran transportasi dan kebutuhan nelayan.

Selain itu, Pertamina berharap agar seluruh pihak khususnya kepada Pemerintah Kabupaten Aru, Kepolisian, dan para pemangku kepentingan agar dapat mendukung dan mengawasi pelaksanaan program BBM Satu Harga ini sehingga proses distribusi BBM dapat berjalan dengan lancar dan seluruh masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan pengembangan Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, mengungkapkan adanya Program BBM Satu Harga ini sesuai dengan salah satu butir Nawacita dari Pemeritah yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI sehingga dipandang perlu mengakselerasi program BBM Satu Harga.

Secara nasional, lanjut Kusdiana peresmian SPBU Kompak di Kepulauan Aru ini adalah peresmian yang ke 125.

SPBU Kompak No. 86.976.09 dikelola oleh UD. Sinar Kola.

"Semoga peresmian ini membawa manfaat bagi masyarakat di Desa Kolamar, Kecamatan Aru Utara,” harapnya.

Masih di tempat yang sama Bupati setempat, Johan Gonga memberikan apresiasi dan menyambut baik pelaksanaan program BBM Satu Harga di Desa Kolamar Kecamatan Aru Utara.

“Program ini sangat penting karena saat ini masyarakat dapat menikmati harga BBM yang sama dengan harga di Jakarta ataupun Ambon yang tentunya akan  terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kepulauan Aru,” pungkasnya.

Untuk diketahui, SPBU Kompak 86.976.09 Desa Kolamar, Aru Utara memiliki kapasitas Premium 15 KL (1 tangki), Solar berkapasitas total 11 KL (2 tangki) serta drum besi 50 buah (kapasitas 200 liter/drum).

Titik supply berasal dari TBBM Dobo yang berjarak 78 km yang diangkut menggunakan kapal.

Sebelum adanya titik BBM Satu Harga ini, masyarakat memperoleh BBM untuk transportasi dan kebutuhan nelayan dari lembaga penyalur terdekat  yakni SPBUN 88.976.01 sejauh 80 km sehingga membuat harga Premium menjadi Rp 10.000 per liter dan Solar Rp10.000 - 15.000 per liter di wilayah ini.

SPBU Kompak ini mencakup 13 Desa di 3 Kecamatan di wilayah utara Kepulauan Aru dengan jumlah 1400 KK.

Alat penyaluran menggunakan canting manual ke jeriken berkapasitas 60 liter untuk mesin motor pada nelayan.

Dengan adanya SPBU ini, masyarakat Kecamatan Aru Utara kini bisa mendapatkan BBM dengan harga yang sama dengan wilayah lainnya yakni Premium Rp 6.450 per liter dan Solar 5.150 per liter.

(dp-36)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi