Perpustakaan Harus Bisa Berdayakan Masyarakat

Perpustakaan harus jadi tempat memberdayakan masyarakat.
Share it:
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Maluku Mustafa Sangadji
Ambon, Dharapos.com - Perpustakaan harus jadi tempat memberdayakan masyarakat.

Untuk itu, tempat yang selalu didatangi oleh kalangan dari berbagai lapisan umur untuk membaca dan juga mencari referensi akan dijadikan wadah inklusi sosial.

"Sudah saatnya perpustakaan menjadi inklusi sosial, jadi tidak hanya memberikan pelayanan informasi tentang ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi memberdayakan masyarakat," cetus Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Maluku Mustafa Sangadji kepada pers. 

Pernyataan tersebut disampaikanya seusai pembukaan acara Forum OPD Perpustakaan dan Kearsipan Daerah se - Maluku di Marina Hotel, Rabu (6/3/2019).

Menurut Sangadji, dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat tentunya perpustakaan sudah harus memperkuat diri dengan itu.

"Jadi layanan yang ada dalam bentuk e-Maluku dan diharapkan perpustakaan di setiap  kabupaten/kota memilikinya," sambungnya. 

Selain itu, keberadaan masyarakat di daerah terutama di desa-desa harus diberdayakan dan pihaknya hanya membantu melalui program dan sumber daya yang ada.

"Dengan begitu, perpustakaan bukan hanya berfungsi untuk tempat membaca tapi memiliki kegunaan lainnya seperti menjahit atau mau belajar pertanian ke perpustakaan. Kalau kurang buku bisa minta ke balai pertanian," pungkasnya.

(dp-19)
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi