INPEX Gelar "Scholarship Orientation Day" di Saumlaki

Perusahaan Migas asal Jepang, INPEX Masela Ltd., sukses menggelar acara orientation day bagi para penerima beasiswa tahun akademik 2017 - 2018.
Share it:
Pose bersama seusai kegiatan
Saumlaki, Dharapos.com - Perusahaan Migas asal Jepang, INPEX Masela Ltd., sukses menggelar acara orientation day bagi para penerima beasiswa tahun akademik 2017 - 2018.

Acara yang dilakukan setiap tahun sebagai apresiasi terhadap para penerima beasiswa INPEX Masela ini berlangsung di aula milik Yayasan Pendidikan Tinggi Rumpun Lelemuku Saumlaki (YPT-RLS), Rabu (20/3/2019) .

Menurut INPEX Social Performance Manager, Puri Minari, acara ini memiliki berbagai tujuan dan manfaat bagi pihak-pihak yang terlibat di dalamnya.

"Khusus bagi mahasiswa-mahasiswi penerima beasisiwa, program ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan meningkatkan semangat dalam meraih prestasi tanpa harus memikirkan beban biaya perkuliahan," ungkapnya.

Dijelaskan, INPEX Scholarship Program merupakan program yang telah dilakukan sejak 2014 hingga saat ini. Program tersebut telah memberikan beasiswa kepada tidak kurang dari 584 mahasiswa/mahasiswi berprestasi di Maluku.

Program yang merupakan bagian dari investasi Sosial INPEX Masela di bidang pendidikan ini memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa/mahasiswi berprestasi sebagai dukungan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menyiapkan generasi penerus yang berpendidikan dan berketerampilan tinggi di bidang masing-masing.

Untuk tahun akademik 2017/2018, INPEX telah memberikan beasiswa sebanyak 130 mahasiswa dimana 55 dialokasikan kepada  Universitas Patimura Ambon dan untuk YPT-RLS sebesar 75 mahasiswa yang tersebar di 3 Perguruan Tinggi yakni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Saumlaki (STIESA), Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Saumlaki (STIAS) serta Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki (STKIPS).

"Jika dalam acara sebelumnya kami melibatkan pihak luar sebagai pelaksana acara, maka tahun ini kami berkeinginan untuk mengoptimalkan kompetensi dari dalam dengan melibatkan seluruh elemen mulai dari penyelenggara, fasilitator hingga  mengundang narasumber asli Tanimbar yang berasal dari beragam latar belakang pendidikan untuk dapat memberikan tambahan dan pengembangan soft skills (keahlian), kompetensi dan motivasi bagi adik-adik penerima beasiswa guna meraih sukses setelah lulus dan berkarir," terangnya.

Pemkab Kepulauan Tanimbar yang dalam hal ini diwakili Asisten II, Edwin Thomasoa dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas konsistensi INPEX dalam melakukan program Tanggung Jawab Sosial (TJS) khususnya di bidang pendidikan.

"Apresiasi besar kepada INPEX yg telah mengalokasikan program ya untuk membantu pemda dalam mewujudkan visi Pemda Tanimbar yg  Cerdas. Walaupun INPEX belum berproduksi dan POD (rencana pengembangan-red) belum jelas, tapi sudah mampu melaksanakan TJS di kepulauan Tanimbar secara konsisten," ujar dia.

Edwin berharap kedepan program TJS khususnya di bidang pendidikan dapat secara rutin dilakukan evaluasi dan mendengar masukan-masukan dari seluruh elemen pemangku kepintingan agar lebih baik, optimal serta tepat sasaran lagi.

Expert Staff INPEX Masela bidang komunikasi dan kehumasan, Halida Hatta mengatakan, walaupun dengan segala tantangan yang ada, INPEX tetap berupaya agar Blok Masela tetap dapat berproduksi.

Walau demikian, INPEX sudah berkomitmen untuk mengangkat derajat generasi muda Tanimbar.

 "Harapan kami semoga apa yang kami lakukan dapat memberi arti dan kontribusi dalam membangun Tanimbar yang unggul, cerdas dan berwibawa," tandasnya.

Acara orientation day kali ini menghadirkan tokoh tokoh Tanimbar yang telah teruji dan terbukti untuk memberikan motivasi melalui materi yang disampaikan. Diantaranya Sekretaris DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Heri Lerebulan (Revolusi Mental), Kepala Dinas Kesehatan, Juliana Ratuanak (Inovasi dan Kreatif), serta Youngki Souissa (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa).

Acara kemudian di tutup dengan penyampaian materi tentang bekerja di industri Hulu Migas yang dibawakan oleh Engineer wanita satu satunya yang merupakan putri asli Maluku di INPEX Masela, Yiska Deliefia dan Social Performance Manager INPEX Masela, Puri Minari.

(dp-18)
Share it:

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi