News Ticker

Pertamina Hadirkan BBM Satu Harga di Halmahera Barat

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII kembali menjalankan program Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga di Maluku Utara dengan meresmikan SPBU Kompak 86.977.17 yang berlokasi di Desa Togola Wayoli, Kecamatan Ibu Tengah, Kabupaten Halmahera Barat yang merupakan salah satu wilayah 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terdepan) Rabu (27/2/2019).
Share it:
Momen peresmian SPBU Program BBM Satu Harga di Desa Togola Wayoli, Kecamatan Ibu Tengah, Halmahera Barat
Ambon, Dharapospapua.com - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII kembali menjalankan program Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga di Maluku Utara dengan meresmikan SPBU Kompak 86.977.17 yang berlokasi di Desa Togola Wayoli, Kecamatan Ibu Tengah, Kabupaten Halmahera Barat yang merupakan salah satu wilayah 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terdepan) Rabu (27/2/2019).

Hadir dalam peresmian tersebut,  Anggota Komisi VII DPR RI, Tjatur Sapto Edy; Staf Ahli Menteri ESDM, Satry Nugraha; Region Manager Aviation VIII PT Pertamina (Persero), Dede Haerudin; dan Bupati Halmahera Barat yang diwakili Asisten I, Vence Muluwere.

Dedi Haerudin, Region Manager Aviation VIII PT Pertamina (Persero), dalam sambutannya mengatakan bahwa Program BBM Satu Harga merupakan wujud komitmen dan amanah Pertamina dalam mendukung program Pemerintah untuk menyediakan Energi yang Berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia sesuai amanat UU Migas No. 22 Tahun 2001 dan UU Energi No. 30 Tahun 2007.

“Pertamina mendapat tugas untuk membuka aksesibilitas dan ketersediaan serta menyediakan energi yang berkelanjutan bagi masyarakat, khususnya di wilayah yang termasuk dalam kategori 3T yang selama ini masih sulit dijangkau dan menantang,” jelasnya.

Lanjut Dedi, Pertamina terus berkomitmen menambah jumlah lembaga penyalur BBM di seluruh wilayah Indonesia agar semua masyarakat dapat menikmati energi secara adil.

Ia berharap dengan beroperasinya SPBU BBM Satu Harga di Kecamatan Ibu Tengah, Kabupaten Halmahera Barat ini maka Pertamina MOR VIII dengan cakupan wilayah Maluku - Papua sudah merealisasikan 39 titik lokasi hingga saat ini dan di rencanakan 12 titik lokasi akan beroperasi di 2019. 

“Khusus untuk wilayah Maluku Utara telah beroperasi 6 titik lokasi hingga sekarang, dan di tahun 2019 ini akan dilengkapi 4 titik lainnya,” tukasnya.

Dengan diresmikannya SPBU Kompak di Kecamatan Ibu Tengah, Kabupaten Halmahera Barat, maka warga sekitar dapat menikmati harga BBM yang sama dengan wilayah-wilayah lainnya di Indonesia.

Harga BBM di Lembaga Penyalur Pertamina mengacu kepada Keputusan Menteri ESDM No. 4738 Tahun 2016, yakni harga Premium Rp 6.450/liter dan harga Solar Rp 5.150/liter.

Sebelumnya ada SPBU Kompak penyalur BBM Satu Harga di wilayah ini, masyarakat harus membeli BBM dengan harga mencapai Rp 10.000/liter.

Sementara itu Vence Muluwere, Asisten I yang mewakili Bupati Halmahera Barat, menyampaikan apresiasi dan menyambut baik terhadap pelaksanaan program BBM Satu Harga di Desa Togola Wayoli, Kecamatan Ibu Tengah, Kabupaten Halmahera Barat.

Dirinya mengakui program ini sangat penting dan sangat strategis bagi masyarakat Halmahera Barat yang secara geografis masyarakat yang hidup di kawasan pelosok, sangat merindukan pemenuhan kebutuhan BBM yang makin berkualitas.

Pengisian BBM perdana ke salah satu kendaraan seusai peresmian
“Saat ini masyarakat dapat menikmati harga BBM yang sama dengan daerah lainnya yang tentunya akan mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dari Jakarta hingga Togola Wayoli kita punya satu harga,” tambah Vence.

Masih ditempat yang sama Tjatur Sapto Edy, Anggota Komisi VII DPR RI yang turut hadir dalam acara peresmian ini, mengungkapkan awal mula program BBM Satu Harga ketika Presiden melalui Kementerian ESDM mengusulkan program tersebut. 

“Kita bahas di komisi, walaupun kita paham tidak gampang atau tidak ringan buat Pertamina, tetapi kita langsung menyutujui program itu karena intengiblenya sangat besar Walaupun secara margin Pertamina berat atau tidak ringan, tetapi kita hitung multiplier effectnya itu sangat-sangat besar khususnya untuk masyarakat di daerah-daerah 3T termasuk di Kabupaten Halmahera Barat ini,” sambungnya.

Lanjut Tjatur, program BBM Satu Harga ini merupakan amanah dari sila kelima Pancasila.

“Jadi BBM di Jalan Thamrin Jakarta dengan Desa Togola Wayoli ini sama persis, ini yang dinamakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” cetusnya.

Ditambahkan Staf Ahli Menteri ESDM, Satry Nugraha, dengan adanya Program BBM Satu Harga merupakan bukti perhatian pemerintah terhadap rakyat tercinta ini.

Ia juga mengajak pihak-pihak terkait untuk menjaga dan mengawasi penyaluran Program BBM Satu Harga ini. 

“Pemerintah daerah, badan usaha, maupun masyarakat dapat melaporkan adanya dugaan-dugaan tindakan penyelewengan dalam penyediaan dan pendistribusian BBM yang terjadi di lapangan kepada BPH Migas untuk dikumpulkan dan diproses lebih lanjut oleh pihak berwajib,” tegas Satry saat meresmikan SPBU Kompak 86.977.17.

Sebelum diresmikan, SPBU Kompak 86.977.17 ini telah diujicobakan operasionalnya sejak 1 Oktober 2018 yang lalu. Secara sarana dan prasarana, SPBU Kompak ini dilengkapi dengan masing-masing dua unit nozzle untuk Solar dan Premium serta dua unit mesin pompa digital untuk menyalurkan BBM.

BBM di Kecamatan Ibu Tengah ini dikirim dari Supply Point Terminal BBM Tobelo dan diangkut dengan menggunakan mobil tangki. Jarak yang ditempuh yakni sejauh 290 KM dengan waktu tempuh normal hingga 7 jam. Adapun setiap sebulan akan dipasok masing-masing dengan alokasi 95 KL Premium dan 20 KL Solar. 

"Kedepan, secara bertahap akan dilengkapi pasokan untuk BBM non-subsidi jenis Pertalite dan Dexlite," terang Dedi.

Dengan beroperasinya lembaga penyalur tersebut, tentunya Pertamina perlu didukung oleh berbagai pihak terkait, seperti Kementerian ESDM, pemerintah daerah, aparat kepolisian, TNI, dan peran aktif masyarakat agar BBM 1 Harga tepat sasaran dan bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

(Vian)
Share it:

Nasional

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi