Kapolda Ajak Masyarakat Kepulauan Tanimbar Jaga Kamtibmas

Kapolda Maluku Irjen Pol. Royke Lumowa, pada Senin sore (4/2/2019) melakukan kujungan kerja (Kunker) ke Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KT).
Share it:
Kapolda Maluku Irjen Pol. Royke Lumowa, saat kunker ke Saumlaki, Kabupaten KT, Senin  (4/2/2019) sore
Saumlaki, Dharapos.com - Kapolda Maluku Irjen Pol. Royke Lumowa, pada Senin sore (4/2/2019) melakukan kujungan kerja (Kunker) ke Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KT). 

Di kabupaten yang telah berubah nama dari Maluku Tenggara Barat ini, Kapolda menggelar tatap muka bersama pihak Pemerintah Daerah KT,  TNI-Polri, tokoh Agama, pemuda, adat, dan tokoh masyarakat serta para pengusaha bertempat di aula Hotel Galaxy.   

Sekaligus di momen itu pula, ia memberikan arahan agar seluruh pemangku kepentingan di daerah itu bertanggung jawab menjaga keamanan dan ketertiban (kamtbimas) di Bumi Duan Lolat itu menjelang Pemilihan Umum pada April 2019 mendatang. 

"Jika kita mencintai NKRI, maka kita harus bangun negeri ini. Pilihlah calon Presiden, DPR dan DPD yang pantas menurut nurani kita. Jangan ada yang golput karena suara kita semua menentukan kemajuan bangsa ini," imbuhnya. 

Kapolda pada kesempatan itu, mengungkapkan rasa bangganya karena dirinya menjadi pejabat pertama Maluku dan pusat yang mengunjungi Dumi Duan Lolat ini setelah berganti nama menjadi Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KT) pada 1 Februari lalu.

Ia juga mengajak seluruh ASN, Polri dan TNI untuk mengabdikan diri dengan sepenuh hati pada tanah yang kaya ini. 

Meski harus bertugas di pulau-paling yang jauh dari ibu kota kabupaten (Saumlaki). Apalagi dengan luas laut yang lebih dibanding daratan.

"Maluku terdiri dari 93 persen laut. Kalau cinta Maluku, maka kita harus lestarikan laut. Jaga kebersihannya, jangan buang sampah di laut. Jaga dan kembangkan kekayaan laut karena kaya akan ikan dan mutiara," sambungnya.

Selain itu, meski daratan Maluku tidak mencapai 10 persen, namun punya kekayaan alam yang luar biasa. Salah satunya, pulau Yamdena yang hanya bisa ditumbuhi pohon Torem. 

“Semua potensi ini harus kita maksimalkan untuk kesejahteraaan masyarakat di daerah ini,“ tukasnya.

Dijadwalkan, Selasa (5/2/2019), Kapolda bersama para pejabat Polda Maluku dan Polres KT gowes, bersepeda menuju Pulau Larat Tanimbar Utara.  Dimana sejumlah lokasi bakal disinggahi seperti Sangliat Tangga yang ada situs perahu baru dan desa Lumasebu. 

Kapolda juga akan mengunjungi dan melihat masyarakat secara lebih dekat, serta kegiatan - kegiatan pelestarian lingkungan seperti menanam pohon mangroove dan melepaskan penyu ke laut.

(dp-45/46)
Share it:

Hukum dan Kriminal

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi