Pemda Apresiasi Kepedulian Yayasan Siwalima pada Pendidikan di Malra

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Maluku Tenggara mengapresiasi kepedulian SMK Siwalima Langgur dalam memajukan pendidikan di wilayah itu.
Share it:
Foto bersama Wakil Bupati Ir. Petrus Beruatwarin di sela-sela kunjungan ke SMK Siwalima Langgur 
Langgur, Dharapos.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Maluku Tenggara mengapresiasi kepedulian SMK Siwalima Langgur dalam memajukan pendidikan di wilayah itu.

Apresiasi tersebut disampaikannya saat pembukaan Workshop bagi Guru Mata Pelajaran Matematika pada Tingkat Sekolah Dasar se - Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) dan Kota Tual,  Senin (7/1/2019). 

Pada momen yang sama turut pula dilaksanakan Launching HUT ke 50 SMK Siwalima Santo Yoseph  Langgur yang tepatnya akan di rayakan pada 2020 yang akan datang. 

Bupati dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati Ir. Petrus Beruatwarin mengakui minimnya kompetensi guru mata pelajaran Matematika pada tingkat SD se - Kabupaten Malra dan juga Kota Tual masih menjadi persoalan yang serius. 

“Dengan digelarnya workshop ini menjadi sebuah langkah maju yang di lakukan Yayasan Siwalima yang menyadari sungguh bahwa untuk memajukan dunia pendidikan di Maluku Tenggara, tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah semata melainkan pemangku kepentingan lainnya juga wajib turut berprestasi lewat karya-karya seperti workshop yang dilaksanakan ini,” pujinya sekaligus mengapresiasi langkah tersebut. 

Bupati pada kesempatan itu menegaskan bahwa apa yang dilakukan Yayasan Siwalima dapat dijadikan sebagai rol mode yang harus diikuti yayasan pendirikan lainya di Malra. 

“Inilah nilai tambah yang ditampilkan Yayasan Siwalima dan SMK Siwalima Santi Yosep Langgur,” cetusnya. 

Olehnya itu, Bupati atas nama Pemerintah Kabupaten memberikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi SMK Siwalima dalam memajukan pendidikan di Maluku Tenggara dan Kota Tual. 

Lanjutnya, dalam konteks ini sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas SDM Indonesia, Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi telah mengeluarkan berbagai kebijakan, menjawab kondisi obyektif yang di hadapai generasi milenial saat ini, yakni Revolusi Industri 4.0, serta ketergantungan dunia pada digitalisasi. 

Dimana saat ini, orang berbelanja sudah menggunakan media on line begitu pula saat membeli tiket penerbangan dengan menggunakan media online dan berbagai fasilitas lainnya. 

Salah satu kebijakannya adalah melalui pendidikan vokalisasi (SDM yang memiliki ketrampilan khusus). 

Yang Kabupaten Malra sebagai daerah kepulauan atau termasuk 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) memfokuskan diri padasektor perikanan dan sektor pariwasata, sebagai leading sektor pembangunan daerah yang tentu secara sinergitas harus di dukung oleh sektor strategis lainnya antara lain pendidikan, perhubungan, pertanian hingga sektor  jasa dan lainnya. 

Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Malra.

Pada  kesempatan ini, Bupati kembali mengajak keluarga besar SMK Siwalima Santo Yosep Langgur untuk sekiranya dapat mendesain kembali kerja sama yang pernah dirintis Pemerintah Kabupaten setempat. 

“Dalam hal ini, terkait pengelolaan Enbal menjadi tepung mokal sebagai tindaklanjut atas studi banding yang pernah dilaksanakan bersama di Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah,” tukasnya.

(dp-40)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi