Stenly Siap Lakukan Berbagai Upaya Tingkatkan Minat Baca

Stenly Ferdinandus resmi dikukuhkan sebagai Duta Baca Provinsi Maluku.
Share it:
Duta Baca Provinsi Maluku, Stenly Ferdinandus
Ambon, Dharapos.com – Stenly Ferdinandus resmi dikukuhkan sebagai Duta Baca Provinsi Maluku.

Pengukuhan Stenly dilakukan Gubernur Said Assagaff melalui Staf Ahli Bidang Pembangunan, Perekonomian dan Keuangan Setda Maluku, Rony Tairas bertempat di Hotel Marina, Selasa (4/12/2018).

Usai dikukuhkan, Stenly menyatakan siap melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan minat baca di daerah ini dengan menggandeng  beberapa  kelompok  untuk mewujudkan hal tersebut.

”Beta  bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah juga melibatkan rekan-rekan penggerak literasi maupun taman baca, kita akan duduk bersama membahas program-program strategis demi mendorong peningkatan minat baca serta meningkatkan tingkat literasi di Maluku,” janjinya.

Menurut Stenly, salah satu langkah strategisnya yakni dengan mengajak  teman- teman dari Leti (Winner Generation), teman dari Batu Merah (Kieta, Ali)  dan juga rekan dari taman baca yang ada di Saparua, Banda dan Seram. 

Sehingga dapat diketahui mengenai kebutuhan buku dan perkembangan gerakan membaca pada daerah-daerah tersebut. 

Selain itu, melalui gerakan literasi ini pihaknya dapat berkomunikasi dengan Pemerintah dan pemangku kepentingan seperti Gramedia serta  jejaringan atau  gerakan literasi Indonesia guna mndapatkan dukungan  buku.

Termasuk berkoloborasi dengan tokoh –tokoh fasilitator untuk berbagi pengalaman guna memotivasi para penggerak di Maluku.

”Serta menghidupkan penggerak  literasi pada kampung-kampung, desa-desa serta berbagai pulau  yang ada di provinsi ini,” cetusnya.

Intinya, lanjut Stenly, guna menumbuhkan minat baca pada anak-anak maka harus dimulai dari dalam  keluarga. Hal ini dikarenakan anak mencontohi perbuatan orang tua.

”Anak  membaca didukung dari orang tua yang biasa membaca. Itu ditumbuhkan dari masa kanak-kanak, tidak bisa dipaksakan waktu dia  duduk sebagai siswa SMP atau SMA. Karena orangtua sangat berperan dalam menumbuhkan minat baca pada anak,” pungkasnya.

(dp-19)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi