Lantik Kades Sifnana, Bupati Ingatkan Soal Dana Desa

Tepat Jumat (30/11/2018) siang bertempat di Balai Desa Natar Kamyase, desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan, telah dilaksanakan acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Kepala Desa terpilih dalam lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) Tahun 2018.
Share it:
Bupati Petrus Fatlolon, SH, MH saat memimpin pelantikan Kades terpilih Sifnana, Stanislaus Sesermudi
Saumlaki, Dharapos.com - Tepat Jumat (30/11/2018) siang bertempat di Balai Desa Natar Kamyase, desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan, telah dilaksanakan acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Kepala Desa terpilih dalam lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) Tahun 2018.

Adapun Kepala Desa Sifnana yang dilantik Stanislaus Sesermudi yang akan memimpin periode 2018 – 2024. 

Pelantikan mengacu pada Keputusan Bupati MTB Nomor: 141-559-Tahun 2018 tentang Pemberhentian Penjabat Kepala Desa Sifnana dan Pengangkatan Kepala Desa Sifnana Tahun 2018.

Prosesi pelantikan dipimpin Bupati setempat Petrus Fatlolon, SH, MH didampingi  2 saksi masing-masing Kepala Desa Lauran, Maria Fanny Masela dan Kades Kabiarat, Emus Syarmpumpwain.

Bertindak selaku Rohaniawan Wakil Uskup Wilayah MTB - MBD, Rd. Simon Petrus Matruty.

Turut hadir,  Kapolres MTB, AKBP Andre Sukendar, S.IK, Wakil Ketua DPRD MTB, Piet Kaet Taborat, SH, Pasops Lanal Saumlaki, Kapten Laut (P) Bernad Iskandar, Sekda setempat, Piterson Rangkoratat, SH dan Dansubdenpom XVI/2-3 Saumlaki, Kapten CPM. Ronnie Wiksmo Bharoto, SH.

Turut hadir pula, para Asisten, pimpinan SKPD lingkup Pemda MTB, pimpinan instansi vertikal serta para tamu undangan lainnya.

Ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi mengawali sambutan Bupati Petrus Fatlolon.

“Terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada mantan Kades, Zakarias Laratmase atas dedikasinya membangun desa Sifnana selama 5 tahun. Terima kasih juga kepada pejabat kepala desa Sifnana, bapak Yohanis Yempormase bersama para aparat desa yang telah mempersiapkan acara pemilihan sampai pada pelantikan kepala desa baru ini,” ucapnya. 

Ucapan yang sama juga disampaikan kepada BPD, tokoh agama, adat, tokoh perempuan serta segenap masyarakat desa Sifnana yang atas kesadaran tinggi terhadap nilai-nilai demokrasi telah mendukung terlaksananya kegiatan ini.

Lanjut Bupati, sesuai amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, yang mana diamanatkan tugas dan tanggung jawab seorang Kades selaku kepanjangan tangan dari Pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan berbagai program di tingkat desa, sejalan dengan visi misi Pemda dan RPJMD 5 tahun pemerintahan Bupati dan Wabup.

“Saya juga mengingatkan kades yang baru saja dilantik agar merangkul teman-teman yang kemarin ikut serta dalam pemilihan. Tidak ada yang menang dan yang kalah karena saat ini saudara diberikan kepercayaan oleh Tuhan dan rakyat Sifnana untuk memimpin, sementara teman-teman yang belum mendapat kepercayaan adalah bagian dari keberhasilan saudara sebagai kepala desa,” imbuhnya.

Lebih lanjut, sesuai dengan amanat Presiden RI yang disampaikan kepada para Kepala Daerah se-Indonesia, bahwa pada tahun anggaran 2019 nanti, Pemerintah pusat mengalokasikan dana desa yang cukup besar. Hal ini dalam rangka mewujudkan berbagai program dan kebutuhan masyarakat di seantero NKRI ini. 

“Dana Desa pada tahun anggaran 2019 nanti akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan,” bebernya. 

Olehnya itu, dituntut dari seorang kepala desa dan seluruh perangkatnya agar mampu menyusun berbagai program kerja sesuai dengan kebutuhan desa, melaksanakannya dengan baik, dan turut serta memberikan peran kepada BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, untuk ikut serta dalam pengawasan penggunaan DD dan ADD tersebut.

Bupati juga menambahkan, pada 2019 nanti, melalui Dinas Pekerjaan Umum, Pemda juga akan menganggarkan dana dalam rangka meningkatkan jalan lingkungan dalam Desa Sifnana, karena jalan lingkungan yang ada tidak terlalu lebar dan sempit. 

“Akan ada pelebaran jalan lingkungan di dalam Desa Sifnana. Karena itu, saya minta kepala desa dan semua pihak agar bersama-sama mendukung program ini,” pintanya.

Karena, Bupati kembali mengajak masyarakat desa Sifnana dan semua pihak untuk mendukung penuh kades terpilih agar semua program yang dibuat dapat berjalan dengan baik dan lancar demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan pembangunan desa.

(dp-18)
Share it:

Maluku Tenggara Barat

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi