News Ticker

Bupati Fatlolon : Jadilah Pelopor Kesehatan Mulai dari Diri Sendiri

Share it:
Bupati Petrus Fatlolon mengajak seluruh ASN, TNI - Polri, petugas kesehatan dan seluruh masyarakat\
di Kabupaten MTB untuk menjadi pelopor pembangunan di bidang kesehatan
Saumlaki, Dharapos.com - Bupati Petrus Fatlolon mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI - Polri, petugas kesehatan dan seluruh masyarakat di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) untuk menjadi pelopor pembangunan di bidang kesehatan.

Yaitu dengan sadar kesehatan atau hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri.

“Jadilah pelopor-pelopor kesehatan mulai dari diri kita sendiri, keluarga, lingkungan, desa, kecamatan hingga pada kabupaten yang kita cintai ini,” demikian ajakan yang disampaikannya saat acara pembukaan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54, Jumat (9/11/2018).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MTB menjadi pelaksana dalam kegiatan dimaksud.

Lanjut Fatlolon, pihaknya akan terus berupaya dengan berbagai langkah demi mengubah perilaku masyarakat Tanimbar untuk sadar akan kesehatan.

Bahkan guna memaksimalkan itu, Pemkab MTB, akan menganggarkan dana khusus bagi penyediaan sejumlah sarana mendukung hal itu.

Salah satunya, di 2019 mendatang, pihaknya  akan menganggarkan dana khusus untuk menyediakan jamban bagi setiap rumah agar mendorong masyarakat untuk tidak lagi buang air besar sembarangan (BABS) di pinggiran pantai atau di tempat-tempat yang tidak patut.

Selain itu, mantan Wakil Ketua DPRD Kota Sorong ini juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten berjuluk "Duan Lolat" ini untuk menolak produk-produk ilegal.

“Sebelum berbelanja harap perhatikan terlebih dahulu, membaca dan meneliti secara seksama label dari tiap-tiap barang supaya jangan sampai kita membeli sebuah produk yang sudah kadaluarsa atau ilegal. Ini penting, supaya jangan masyarakat di rugikan,” imbaunya.

Pemkab MTB menggelar rangkaian kegiatan memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54, Jumat (9/11/2018).

Momen HKN sendiri jatuh pada tanggal 12 November 2018.

Jalan santai bersama mengawali rangkaian giat yang mengusung tema "Aku Cinta Sehat".

Bupati setempat Petrus Fatlolon, SH., MH memimpin jalan santai bersama seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD).

Turut pula melibatkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tokoh agama dan masyarakat, serta pekerja kesehatan di Kepulauan Tanimbar.

Rute jalan santai yang dilalui mulai dari Pelabuhan Kapal Feri hingga Halaman Kantor Bupati setempat.

Seusai jalan santai bersama, dilanjutkan dengan senam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Gemas) bersama-sama, pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil serta pelepasan balon HKN-54.

Pada momen yang sama juga dilaksanakan deklarasi komitmen bersama yang dipimpin Bupati
Fatlolon, yaitu Tanimbar tolak obat, kosmetik dan obat tradisional ilegal dan Tanimbar Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Ditandai dengan penandatanganan deklarasi oleh Bupati, Forkopimda dan seluruh hadirin.

(dp-45)
Share it:

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi