News Ticker

Alutsista Baru Perkuat Lanal Saumlaki

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki akhirnya diperkuat lagi pasca penyerahan salah satu alutsista baru yakni Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Nustual 1-9-16.
Share it:
Serahterimakan  KAL Pulau Nustual 1-9-16 dari Mabesal melalui Aslog Kasal, Laksamana Muda TNI Mulyadi, S.PI., M.A.P kepada Komandan Lanal Saumlaki, Letkol Laut (P) Wirawan Ady Prasetya, S. Sos.
Saumlaki, Dharapos.com 
Pangkalan TNI Angkatan Laut  (Lanal) Saumlaki akhirnya diperkuat lagi pasca penyerahan salah satu alutsista baru yakni Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Nustual 1-9-16.

Armada tersebut diserahterimakan dari Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal) melalui Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut (Aslog Kasal), Laksamana Muda TNI Mulyadi, S.PI., M.A.P kepada Komandan Lanal Saumlaki, Letkol Laut (P) Wirawan Ady Prasetya, S. Sos.

Wirawan yang ditemui diruang kerjanya Jumat siang (7/4) mengatakan, acara serah terima KAL dengan ukuran panjang 28 meter tersebut dilaksanakan di Pantai Mutiara, Jakarta Utara, Kamis (6/4).

Selain penyerahan  KAL Pulau Nustual 1-9-16 kepada Lanal Saumlaki, Aslog Kasal juga menyerahkan kapal dengan ukuran yang sama yakni KAL Pulau Karakelang 1-6-30, KAL Pulau Ambalat 1-13-45, KAL Pulau Sangihe 1-8-31, dan KAL Pulau Trangan 1-11-16, kepada Lanal Melonguane, Lanal Tahuna, Lanal Aru dan Lanal Nunukan.

“KAL Pulau Nustual I-9-16 merupakan hasil karya anak bangsa yang diproduksi di PT. Tesco Indomaritim.
Pengadaan kapal ini merupakan bagian dari rencana strategis TNI AL dalam mewujudkan kekuatan pokok Minimum Essential Force (MEF) tahun 2010 sampai dengan 2024. Hal ini tentu saja disesuaikan dengan perkembangan tantangan dan ancaman yang akan dihadapi”katanya.

Di wilayah kerjanya, penambahan armada kapal cepat ini dapat meningkatkan kinerja Lanal Saumlaki, khususnya bidang operasi dalam rangka penegakan kedaulatan dan pengendalian perairan yuridiksi nasional Indonesia.

KAL Pulau Nustual 1-9-16
Khususnya di wilayah perairan Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) yang wilayah lautnya berbatasan langsung dengan Negara Australia dan Timor Leste.

“KAL tersebut diharapkan mampu melaksanakan patroli keamanan laut dan mendukung pemerintah daerah Kabupaten MTB dan Kabupaten MBD yang terdiri dari daerah kepulauan” tambah Wirawan.

Lebih lanjut dikatakan pula bahwa KAL Pulau Nustual 1-9-16 yang dikomandani Kapten Laut (P) Untung Rusliyanto, merupakan kapal patroli cepat yang dirancang untuk perairan dangkal yang dapat bergerak dengan cepat.

Nama KAL Pulau Nustual merupakan nama salah satu pulau di kabupaten MTB yang terletak di Teluk  kota Saumlaki.

Pemberian nama KAL Pulau Nustual 1-9-16 kepada salah satu Alutsista TNI AL ini, diharapkan mampu menjadi pembangkit dan penyemangat, bagi pengawak KAL Pulau Nustual 1-9-16 yang tergabung dalam jajaran Lanal Saumlaki.

Alutsista tersebut kini menambah kapal patroli keamanan laut (Patkamla) Lanal Saumlaki   yaitu 2 Combat boat seperti Patkamla Selat Egeron dan Patkamla Selat Yamdena dan  1 sea reider.

(dp-18)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi