News Ticker

49 CJH SBB Jalani Bimbingan Manasik Haji

Sebanyak 49 Calon Jemah Haji (CJH) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) mengikuti bimbingan Manasik Haji yang diselenggarakan oleh penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama SBB.
Share it:
49 CJH Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) mengikuti bimbingan Manasik Haji 
Piru, Dharapos.com
Sebanyak 49 Calon Jemah Haji (CJH) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) mengikuti bimbingan Manasik Haji yang diselenggarakan oleh penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama SBB.

CJH SBB yang mengikuti Manasik tersebut berjumlah 49 orang terdiri dari, laki-laki  25 orang dan perempuan 24 orang tersebar di 4 Kecamatan yakni, Kecamatan Kairatu 17 orang, Seram Barat 20, Waesala 2, dan Kairatu Barat 10, yang berlangsung di Aula Penginapan Kholifa, Selasa (26/7).

Dalam materi Manasik haji disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag SBB M. Rusydi Latuconsina, Dr. Riska Mega Hikmah Waliulu, Kasi penyelenggara haji dan Umroh Djumadi Wali, dengan materi yang disampaikan salah satunya, menyakut kebijakan pemerintah dalam penyelenggara ibadah haji, kebijakan teknis kesehatan haji, penetapan manasik haji berbasis qaldu dan melestarikan kemabruran, dan pembentukan kloter serta keselamatan penerbangan.

Kepala Kantor Kemenag SBB Rusydi Latuconsina  dalam arahannya menjelaskan, para calon jamaah Haji dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan Manasik Haji sebaik mungkin agar dapat menjalankan Haji sebaik mungkin dan menjadi Haji yang Mabrur.

“Bimbingan Manasik Haji ini CJH mendapatkan bimbingan yang tepat sehingga mendapat predikat Haji yang Mabrur kemudian yang terpenting adalah para jamaah merupakan duta Kabupaten SBB dan Indonesia.
Buktikan dengan sikap dan perilaku yang baik sebagai bangsa yang besar,” harapnya.

Lebih lanjut, Latuconsina menyampaikan, pada seluruh CJH SBB bahwa, dalam prakteknya nanti di tanah suci hendaknya jamaah mengikuti arahan dan petunjuk dari petugas haji yang telah mendapatkan tugas, baik karu maupun karomnya.

Dikatakan, seluruh CJH untuk tetap aktif datang dan menyimak materi bimbingan manasik haji dengan jadwal yang sudah terlampir. Hal itu tidak lain untuk kepentingan CJH sendiri dan dalam pelaksanaannya nanti di tanah suci.

"Tetap pelajari dan sering dibaca terkait buku tuntunan ibadah haji, dan juga lebih-lebih tidak kalah pentingnya untuk seluruh CJH demi lancarnya niatan yang mulia ini agar selalu menjaga kesehatannya, baik tentang pola makan juga tidak kalah penting memperhatikan waktu istirahat,  Pelajari dan pedomi buku tuntunan ibadah haji, baca dan lebih bagus lagi hafalkan tiap bacaan doa dan amalan demi kelancaran dan predikat haji yang mabrur,” terangnya.

Dihadapan 49 CJH SBB dari 4 Kecamatan, ia pun menyampaikan beberapa informasi sekaligus petunjuk dan bimbingan teknis dalam pelaksanaan haji.

Pahami dan pedomani apa yang sudah tertera dalam juknisnya, bila perlu jangan malu untuk mempraktekkannya serta jangan segan dan malu untuk menanyakan yang kurang mengerti terkait dalam pelaksanaan haji.

“Dan satu hal yang harus perlu diingat oleh para CJH, hendaknya patuhi dan ikuti petunjuk dan prosedur yang ada, dan juga laksanakan apa yang menjadi pedoman dan perintah dalam pelaksanaan ibadah haji guna mabrurnya haji kita,” ucapnya.

(dp-26)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi