ASDP Tual Siapkan 3 Armada KMP Layani Arus Mudik

Masyarakat Kota Tual dan Maluku Tenggara tidak perlu khawatir ketika ingin mudik Lebaran nanti.
Share it:
Kusnadi Chandra
Tual, Dharapos.com
Masyarakat Kota Tual dan Maluku Tenggara tidak perlu khawatir ketika ingin mudik Lebaran nanti.

Pasalnya, pihak ASDP Cabang Tual sendiri telah menyiapkan sejumlah armada untuk melayani sekaligus mengantisipasi kelonjakan penumpang antar pulau di dua daerah ini termasuk Kepulauan Aru.

“Kami sudah menyiapkan tiga armada untuk melayani masyarakat/penumpang selama masa liburan, puasa dan hingga mudik Lebaran nanti," ungkap Kepala ASDP Cabang Tual, Kusnadi Chandra, di Tual, Senin  (20/6).

Tiga armada yang dimaksudkan adalah KMP. Tanjung Madlahar, KMP. Lobster, KMP. Irana, yang akan melayani pelayaran.

KMP Irana adalah salah satu armada terbaru ASDP tahun 2016 ini yang akan beroperasi di Tual-Kaimana, Tual-Tam-Mangur, Tual-Weduar, sedangkan untuk fokus angkutan Lebaran seperti biasanya ada pada KMP. Tanjung Madlahar, karena kepadatan penumpang saat Lebaran hanya pada rute-rute wilayah kota Tual.

Seperti diketahui, KMP Tanjung Madlahar sendiri itu melayari Tual-Tayando-Tam-Fadol-Kuur-Kamear, pada setiap hari Rabu melayari Tual-Banda Eli-Hollat, hari Kamis melayari Tual-Tayando-Langiar-Kuur-Sather, hari Sabtu melayari Tual-Tayando-Tam-Fadol.

“KMP. Madlahar sendiri baru selesai docking, namun kondisinya siap untuk melakukan operasi, dan semuanya akan kami koordinasi dengan pihak-pihak terkait menyangkut kondisi cuaca di daerah ini,” sambungnya.

Lebih lanjut jelas Kusnadi, saat ini ke 3 armada tersebut sudah siap beroperasi untuk melayani kebutuhan penumpang selama masa liburan, puasa dan untuk mudik lebaran nanti, dan terkait penjualan tiket dilakukan 1 hari sebelumnya, dan sejauh ini masih berjalan normal.

“Prediksi saya bahwa pada puncaknya nanti ada sekitar 300 penumpang, dan itu masih bisa dilayani oleh ketiga armada ASDP tersebut,” jelasnya.

Sedangkan soal dengan koordinasi dengan Pemkot Tual dan Dinas terkait, Kusnadi mengatakan bahwa selama ini pihaknya selalu membangun kordinasi dengan Pemerintah setempat khususnya Dinas Perhubungan Kota terkait dengan pelayanan ASDP ini dan hingga saat ini semuanya berjalan sangat baik.

"Kami mengharapkan kepada para penumpang agar setiap kali melakukan pelayaran dengan menggunakan jasa ASDP ini haruslah membeli dan memiliki tiket, karena masih banyak penumpang yang tidak mau membeli tiket dalam melakukan playaran. Padahal masyarakat harus tahu bahwa dengan membeli tiket
ASDP yang resmi itu maka masyarakat atau penumpang tersebut sudah dilindungi dan disantuni asuransi, dan juga agar masyarakat/penumpang tidak mencoret-coret di kapal ferri ini yang nantinya menimbulkan ketidaknyamanan bagi masyarakat/penumpang itu sendiri," himbaunya.

Dengan membeli tiket tersebut, maka masyarakat sudah membantu pemerintah untuk semakin meningkatkan jasa pelayanan Ferri di Tual dan Maluku Tenggara.

Kedepannya nanti pihak ASDP akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menambahkan lintasan-lintasan pelayaran kapal roro ini ke seluruh daerah-daerah di Kei dan Kepulauan Aru bahkan sampai di MTB, pungkasnya.

(rr)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi