News Ticker

6 Sekolah Di Kota Jayapura Raih Adiwiyata Nasional

Mengakhiri kegiatan tahun anggaran 2014, kembali sekolah-sekolah di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan.
Share it:
DR. Robert J. Betaubun, S.Pd. MM
Jayapura, Dharapos.com Mengakhiri kegiatan tahun anggaran 2014, kembali sekolah-sekolah di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan.

Penetapan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri LH Dan Kehutanan RI Nomor. 183 tahun 2014 tentang program Adiwiyata Nasional.

Para sekolah pemenang ini akan mengikuti sarasehan sekaligus menerima penghargaan Adiwiyata Nasional di Jakarta pada tanggal 22 Desember 2014.

Disamping itu juga, mereka akan mendengarkan arahan dan paparan Menteri Pendidikan Dasar
Menengah RI Anies Baswedan, PHd tentang peran kelembagaan daerah dalam pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup serta Kebijakan Umum Program Adiwiyata oleh Menteri LH dan Kehutanan RI DR. Ir. Siti Nurbaya, MSc.

Keenam sekolah tersebut  masing-masing  SMKN 5 Jayapura, SMP Negeri 9 Jayapura,  SD Inpres Perumnas 1, SD Inpres Perumnas  2 Waena, SD YPPK Gembala Baik dan SD YPK Senasaba I.

Kepala Dinas Pendidikan kota Jayapura DR. Robert Johan Betaubun, S.Pd. MM kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya mengungkapkan sebenarnya pada September lalu seharusnya kota Jayapura sudah harus ada pengumunan sekolah yang diusulkan untuk Program Sekolah Adiwiyata Nasional.

“Namun, keterlambatan tesebut dikarenakan perubahan Pemerintahan secara nasional, sehingga SK penetapan sekolah tersebut baru di keluarkan beberapa hari lalu,” ungkapnya.

Terkait dengan hal tersebut, maka Pemkot Jayapura dalam hal ini Dinas Pendidikan kota Jayapura telah mendapat undangan untuk sekolah yang  mendapat penghargaan Adiwiyata

“Dan pada tanggal 22 Desember nanti akan dilakukan penyerahan di Jakarta,” sambungnya.

Sejak kepemimpinan Walikota Jayapura, Dr. Benhur Tommi Mano, MM, telah dicanangkan sekolah berwawasan lingkungan, sekolah berbudaya lingkungan dari tahun 2012.

Dua sekolah mendapat Adiwiyata Mandiri dan pada tahun 2013, 14 sekolah mendapat Adiwiyata Nasional. Sementara di tahun 2014 ada 6 sekolah yang diusulkan untuk program Adiwiyata nasional,dan keenam sekolah tersebut semuanya lolos pada program tersebut.

Ditambahkan Betaubun, untuk provinsi Papua, kota Jayapura mendapat 6 sekolah sedangkan kabupaten Biak mendapat 2 sekolah pada program Adiwiyata .

“Keenam sekolah dari kota Jayapura layak dan sesuai kriteria yang ditentukan,” tambahnya.

Empat kebijakan penilaian Adiwiyata masing-masing pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berwawasan lingkungan,  pengembangan pendidikan berbasis partisipatif serta pengelolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah.

Walikota saat melakukan penanaman pohon
Pemkot dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Jayapura selalu memberikan dukungan pembinaan, advokasi maupun asistensi pada sekolah-sekolah yang berada di wilayah kota Jayapura untuk mengembangkan sekolah berwawasan dan berbudaya lingkungan

Betaubun juga mengharapkan melalui program ini dapat memberikan advokasi kepada guru untuk mengembangkannya dalam model pembelajaran yang bervariatif di berbagai tingkat satuan kurikulum.

Selain itu, mendorong meningkatkan peran partisipasi masyarakat  di sekitar sekolahnya dalam berbagai kegiatan peningkatan kualitas lingkungan.

“Juga mewujudkan daya dukung sarana prasarana yang mencerminkan upaya pengelolaan lingkungan hidup dan mendorong pengembangan pengelolaan sistem sampah serta kampanye penghematan sumber daya alam,” pungkasnya .
 
(Harlet)
Share it:

PAPUA

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi