Uskup Mandagi Berkati Pastoran HKY Olba.

Uskup Diosis Amboina, Mgr. Petrus Canisius Mandagi dalam kunjungan kanoniknya ke wilayah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), berkenan memberkati gedung pastoran milik paroki Hati Kudus Yesus (HKY) di desa Olilit Barat, kecamatan Tanimbar Selatan, Sabtu (4/8/2018).
Share it:
Gedung pastoran milik paroki Hati Kudus Yesus di desa Olilit Barat, kecamatan Tanimbar Selatan
Saumlaki, Dharapos.com
Uskup Diosis Amboina, Mgr. Petrus Canisius Mandagi dalam kunjungan kanoniknya ke wilayah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), berkenan memberkati gedung pastoran milik paroki Hati Kudus Yesus (HKY) di desa Olilit Barat, kecamatan Tanimbar Selatan, Sabtu (4/8/2018).

Uskup bersama 16 pastor yang bertugas di wilayah itu disambut umat setempat dan sebelum merayakan misa kudus, menggunting pita dan membuka pintu pastoran sebagai tanda diresmikannya gedung pastoran itu.

Hadir di kesempatan itu, Bupati setempat Petrus Fatlolon dan ibu Joice Fatlolon, Ketua DPRD Frengky Limber, Wakapolres MTB Kompol. Lodevicus Tethol, sejumlah pimpinan SKPD di lingkup Pemkab dan sejumlah tamu lainnya.

Ketua Panitia Pembangunan Rumah Pastoran HKY Olba, dr. Juliana Chatarina Ratuanak dalam sambutannya menjelaskan bahwa pembangunan ini sebagai wujud komitmen umat paroki setelah berhasil membangun gereja yang terbilang begitu megah di wilayah itu.

Mengingat pastoran lama tidak bisa memuat aktivitas DPP dan kegiatan iman umat sejalan dengan perkembangan.

Pembangunan rumah pastoran yang menelan biaya Rp1.307.385.000 itu saat ini sudah bisa digunakan sebagai tempat tinggal pastor paroki HKY yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti pada lantai satu dan dua gedung itu terdapat Sekretariat Dewan Pastoral Paroki (DPP), toko buku rohani, dan ruang kerja pastor paroki.

“Meskipun sudah seratus persen rampung dan siap digunakan, namun kami panitia akan melanjutkan dengan pembangunan lantai tiga untuk fasilitas ruang adorasi dan aula pertemuan,” sambungnya.
Pembangunan pastoran itu dimulai pada 3 Agustus 2014 dalam acara peletakan batu pertama oleh
Uskup Mandagi di saat pastor Thomy Lerebulan, Pr bertugas sebagai pastor paroki HKY, dan pekerjaanya diteruskan oleh pastor Matheus Bwariat, Pr.

Bupati Fatlolon di kesempatan itu memuji umat dan masyarakat Olilit Barat yang telah berhasil membangun pastoran dengan anggaran yang lebih besar, meskipun Pemkab setempat hanya bisa membantu setengah anggaran dari total yang dibutuhkan.

Meski diakui dalam beberapa kesempatan, dirinya selalu menyatakan bahwa pembangunan rumah ibadah merupakan tanggung jawab bersama antara Pemerintah dan umat.

"Proficiat kepada umat dan masyarakat Olilit Barat yang telah bekerja keras menyelesaikan pekerjaan pembangunan pastoran dengan nilai anggaran sejumlah Rp1,3 milyar lebih dan dari jumlah anggaran tersebut, Pemkab MTB hanya bisa memberikan Rp.500 juta lebih. Saya bangga karena partisipasi umat sangat besar," pujinya.

Uskup Mandagi dalam sambutannya, memuji umat paroki HKY karena telah mewujudkan komitmennya untuk membangun pastoran yang terbilang megah.

“Ini sarana tempat tinggal pastor, tetapi tujuan sebenarnya adalah untuk pembangunan iman umat dan pembangunan manusia”katanya.

Uskup berharap agar dengan semakin lengkapnya sarana iman ini berimbas pada perubahan sikap dan perilaku umat di paroki HKY Olba.

Di kesempatan itu, Uskup memberikan Sakramen Krisma bagi 133 orang yang telah disipakan oleh pihak DPP Olba. Usai acara pemberkatan dan penerimaan krisma dilanjutkan dengan jamuan santap kasih bersama dan acara melantai di pelataran gereja dan pastoran.

(dp-18)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi