News Ticker

Seleksi P3K Tahap II MTB dipadati ribuan peserta

Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) kembali menggelar Seleksi P3K tahap II yang dilaksanakan di gedung kesenian Saumlaki, Jumat (20/7/2018).
Share it:
Pembukaan sampul ujian secara simbolis oleh Sekda Piterson Rangkorata,
yang turut disaksikan oleh Kepala BPKSDM, Jhon Batlayeri
Saumlaki, Dharapos.com
Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) kembali menggelar Seleksi P3K tahap II yang dilaksanakan di gedung kesenian Saumlaki, Jumat (20/7/2018).

Setelah sebelumnya sebanyak 1.361 orang telah dinyatakan lulus seleksi tenaga Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahap pertama untuk mengisi kekosongan tenaga pada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pada Juni 2018 lalu.

Proses seleksi yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah dan Pengelola Sumber Daya Manusia (BKPSDM) MTB kali ini diikuti 2.090 orang peserta yang sebelumnya telah dinyatakan memenuhi syarat administrasi.

Pantauan lapangan Dhara Pos, ribuan peserta itu terlihat beradu otak dengan dua tahapan seleksi yakni tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang.

“Proses perekrutan P3K tahun ini untuk mengisi sekitar 106 formasi jabatan yang dibutuhkan Pemerintah daerah. Proses seleksi ini sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku dengan mengedepankan asas keadilan dan kepatutan sehingga dipastikan semua calon pelamar yang telah memenuhi syarat secara administrasi memperoleh kesempatan untuk mengikuti seleksi,” terang Sekretaris Daerah MTB, Piterson Rangkoratat saat membuka kegiatan tersebut.

Menurutnya, jumlah peserta seleksi terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan jumlah formasi yang dibutuhkan Pemda.

Hal ini menunjukkan betapa animo pencari kerja di wilayah MTB masih sangat tinggi, di samping keinginan lain dari pelamar untuk mengaplikasikan ilmu yang dimiliki untuk bangsa dan negara terutama bagi daerah ini.

Ribuan peserta seleksi terlihat memadati gedung kesenian Saumlaki
Karena proses seleksi dilakukan secara profesional, selektif dan penuh persaingan maka dia berharap seluruh peserta lebih teliti dalam mengerjakan soal yang disiapkan oleh panitia, sehingga pada waktunya jika dinyatakan lulus seleksi, maka tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai pengawai kontrak dapat dikerjakan secara baik dan benar.

Mengingat tanggung jawab yang dibebankan kepada PPPK tidak berbeda jauh dengan yang diberikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), sesuai kapasitas dan bidang ilmu yang dimiliki.

“Segera setelah selesai tes hari ini maka hasilnya akan diumumkan, karena setelah melalui tahapan tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang maka akan dilanjutkan dengan tes wawancara untuk formasi tertentu yang secara teknis nantinya akan dilakukan pada SKPD sebagaimana pelamar memasukan lamarannya,” sambungnya.

Sekda berharap agar peserta yang lulus tes nantinya  memiliki kualifikasi dan kualitas yang memadai untuk mendukung tugas-tugas pemerintahan pada semua SKPD sesuai penempatannya.

Informasi yang disampaikan Tim Humas Media Setda MTB menyebutkan bahwa materi ujian/tes yang disusun atau dibuat tersebut merupakan kerja sama antara BKPSDM dengan SKPD terkait di lingkungan Pemkab MTB.

Pelaksanaan tes tersebut diawali dengan proses registrasi ulang sejak pukul 06.30 WIT, dan dilanjutkan dengan tes kompetensi dasar selama 45 menit, disesuaikan dengan disiplin ilmu dan formasi yang dilamar.

(dp-18)
Share it:

Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi